Kamis 22 Sep 2022 16:35 WIB

Ratu Denmark Positif Covid-19 Setelah Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth

Ratu Denmark positif Covid-19 sehari setelah hadiri prosesi pemakaman Ratu Inggris

Red: Esthi Maharani
Ratu Denmark Margrethe II (kanan) telah positif terinfeksi Covid-19
Foto: AP/Markus Schreiber
Ratu Denmark Margrethe II (kanan) telah positif terinfeksi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN – Ratu Denmark Margrethe II telah positif terinfeksi Covid-19. Dia terkonfirmasi terpapar penyakit tersebut sehari setelah menghadiri prosesi pemakaman Ratu Inggris Elizabeth II di London.

Menurut keterangan yang dirilis istana kerajaan Denmark, Ratu Margrethe II dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 pada Selasa (20/9/2022) malam. “Aktivitas Ratu pekan ini telah dibatalkan,” kata istana kerajaan Denmark pada Rabu (21/9/2022).

Istana kerajaan Denmark tidak memberikan penjelasan lebih detail tentang kondisi kesehatan Ratu Margrethe II yang kini berusia 82 tahun. Ratu Margrethe II sudah menerima tiga dosis vaksin Covid-19. Pada Februari lalu, dia pun sempat terinfeksi Covid-19.

Ratu Margrethe II naik takhta pada Januari 1972, yakni setelah ayahnya Frederik IX meninggal dunia. Kala itu usianya masih 31 tahun. Ia menjadi wanita pertama yang memegang posisi ratu di Denmark. Dengan telah berpulangnya Ratu Elizabeth II, Ratu Margrethe II menjadi raja yang paling memerintah di Eropa saat ini.

Takhta Kerajaan Denmark nantinya akan jatuh pada putra sulung Ratu Margrethe II, yakni Putra Mahkota Frederik yang kini sudah berusia 54 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement