Kamis 22 Sep 2022 17:43 WIB

Pochettino Berminat Kembali Melatih Klub Liga Inggris 

Pochettino saat ini menganggur dan mencari peran berikutnya sebagai pelatih

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
Mauricio Pochettino
Foto: EPA-EFE/YOAN VALAT
Mauricio Pochettino

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pelatih kepala Tottenham Hotspur dan Paris Saint-Germain Mauricio Pochettino dilaporkan tertarik untuk kembali ke manajemen di Liga Premier.

Meskipun memenangkan Ligue 1, Coupe de France dan Trophee des Champions dalam masa 18 bulan di PSG, Pochettino dipecat dari jabatannya di Parisiens awal tahun ini.

Kegagalan membawa kejayaan Liga Champions ke Parc des Princes membuat dewan PSG membebaskan pelatih berusia 50 tahun itu dari tugasnya, saat klub ibu kota tersingkir dari Eropa oleh Real Madrid di babak 16 besar pada 2021/2022. 

Akibatnya, Pochettino saat ini menganggur dan mencari peran berikutnya dalam permainan. Tapi dengan Manchester United yang akhirnya memilih Erik ten Hag sebagai manajer baru mereka meskipun Setan Merah terus-menerus dikaitkan dengan pelatih Argentina itu.

Rumor tentang kembalinya ke Tottenham juga diperdebatkan untuk Pochettino sebelum Antonio Conte mengonfirmasi bahwa dia akan bertahan untuk musim 2022/2023.

Dia juga sempat diperkirakan akan menggantikan Thomas Tuchel di Chelsea. Tapi Graham Potter lebih disukai oleh Todd Boehly dan rekan-rekannya.

Hal itu membuat Pochettino masih mencari klub berikutnya. Menurut ESPN, dikutip dari Sportsmole, Kamis (22/9/2022), Pochettino sedang mengincar kembali ke papan atas Inggris, meskipun ada spekulasi seputar tugas lain di Ligue 1 dengan Nice, yang ditinggalkan Galtier untuk menggantikan rekannya di PSG.

Les Aiglons mempekerjakan kembali Lucien Favre menyusul kepindahan Galtier ke Parc des Princes, tetapi mantan manajer Borussia Dortmund itu sudah menghadapi masa depan yang tidak pasti mengingat awal yang buruk bagi timnya untuk musim baru.

Nice dimiliki oleh pengusaha miliarder Sir Jim Ratcliffe - orang terkaya di Inggris - dan dia dikatakan telah menunjuk Pochettino sebagai kandidat utamanya untuk menggantikan Favre.

Sisi Ligue 1 juga tidak akan kesulitan memenuhi tuntutan keuangan Pochettino, tetapi pria berusia 50 tahun itu tidak mungkin menerima persyaratan itu mengingat keinginannya untuk kembali ke Inggris.

Pochettino diduga masih dijunjung tinggi oleh mereka yang berada di papan atas sepakbola Inggris setelah menghabiskan hampir tujuh tahun di Liga Premier bersama Southampton dan Tottenham Hotspur.

Mantan manajer Espanyol memimpin Southampton ke urutan kedelapan dalam kampanye 2013/2014 sebelum pindah ke Spurs, di mana ia finis di tiga besar berturut-turut antara 2015 dan 2018.

Pochettino memiliki rekor 132 kemenangan, 61 seri dan 63 kekalahan dari 256 pertandingan Liga Premier sebagai manajer, tetapi ia dipecat oleh Tottenham pada November 2019 setelah hanya memenangkan tiga dari 12 pertandingan pertamanya di musim itu.

Selama waktunya di PSG, Pochettino meraih 56 kemenangan, 13 seri dan 15 kekalahan dari 84 pertandingannya sebagai pelatih, saat Les Parisiens memenangkan gelar Ligue 1 dengan empat pertandingan tersisa musim lalu.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement