Kamis 22 Sep 2022 20:55 WIB

Saudi Minta Iran Setop Intervensi Urusan Negara di Kawasan

Arab Saudi minta Iran berhenti mencampuri urusan negara lain di kawasan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Bendera Arab Saudi
Foto: AP/Amr Nabil
Bendera Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, MUSCAT – Ketua Dewan Syura Arab Saudi Abdullah bin Muhammad Al-Sheikh telah meminta Iran untuk bekerja sama dan berhenti mencampuri urusan negara lain di kawasan. Dia pun menyerukan Teheran berhenti “mengeksploitasi” kelompok pemberontak Houthi di Yaman.

“Arab Saudi menyeru Iran, sebagai tetangga yang memiliki ikatan agama dan budaya yang sama dengan rakyat kami, untuk bekerja sama dengan negara-negara di kawasan dengan berpegang pada prinsip-prinsip legitimasi internasional,” kata Al-Sheikh dalam pertemuan dengan ketua dewan syura dari negara anggota Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) di Muscat, Oman, dikutip Middle East Monitor, Kamis (22/9/2022).

Terkait konflik di Yaman, Al-Sheikh menegaskan bahwa Saudi mendukung gencatan senjata yang disponsori PBB di negara tersebut. Dia pun meminta Iran berhenti mengeksploitasi kelompok pemberontak Houthi untuk melakukan tawar-menawar dengan komunitas internasional yang tertarik pada keberhasilan gencatan senjata.

“Masa depan kawasan menuntut penerapan visi yang mengutamakan keamanan, stabilitas dan kemakmuran. Ini pada gilirannya harus didasarkan pada saling menghormati antar negara-negara kawasan dan memperkuat ikatan budaya dan sosial serta menghadapi tantangan keamanan dan politik,” kata Al-Sheikh.