Jumat 23 Sep 2022 19:10 WIB

Kejahatan Kebencian Meningkat, Sejumlah Masjid di Minnesota Dirampok dan Dirusak

Perampokan dan perusakan masjid membuat Muslim Minnesota ketakutan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Muadzin di Masjid Minneapolis, Minnesota, AS. Kejahatan Kebencian Meningkat, Sejumlah Masjid di Minnesota Dirampok dan Dirusak
Foto: VOA
Muadzin di Masjid Minneapolis, Minnesota, AS. Kejahatan Kebencian Meningkat, Sejumlah Masjid di Minnesota Dirampok dan Dirusak

REPUBLIKA.CO.ID, MINNESOTA -- Awal bulan ini, dua masjid di Minnesota, Amerika Serikat dirusak dan dirampok. Peristiwa tersebut terjadi hanya berselang beberapa hari. Akibat insiden itu, masing-masing masjid menderita kerusakan senilai puluhan ribu dolar AS.

Meskipun motif para tersangka dalam kedua insiden tersebut masih belum jelas, tapi dugaan kuat menjurus kepada kejahatan kebencian. Hal ini karena kejahatan kebencian terhadap Muslim Minnesota dan komunitas lainnya telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga

Para ahli dan aktivis mengatakan tren yang meresahkan tercermin baik di Minnesota maupun nasional, karena setiap serangan memperburuk ketakutan di dalam komunitas Muslim negara bagian itu. Dilansir dari Minnpost, Kamis (22/9/2022), pagi-pagi di Hari Buruh, jamaah Tawfiq Islamic Center yang datang untuk sholat masuk dan menemukan masjid telah dirusak.

Rekaman pengawasan mengungkapkan malam sebelumnya, seseorang menggunakan linggis untuk mendobrak pintu belakang masjid di lingkungan Seward Minneapolis. Dia kemudian memaksa masuk ke hampir setiap kamar di masjid. Ini menyebabkan kerusakan lebih dari Rp 751 juta.

Pelaku yang masih buron juga membongkar beberapa brankas dan kotak yang menyimpan puluhan ribu dolar sumbangan dari jamaah dan mengambil uangnya. Beberapa hari kemudian, Islamic Center of St. Cloud melihat dua orang dilaporkan menghancurkan jendela, membuang wadah alkohol dan menodai darah di seluruh gedung dan mencuri dua salinan Alquran.

Dua orang kemudian ditangkap karena vandalisme dan perampokan, yang menurut perkiraan pejabat masjid menyebabkan kerugian antara Rp 225 juta dan Rp 300 juta. Kedua orang itu ditangkap oleh polisi St. Cloud beberapa jam kemudian di sebuah motel terdekat. Polisi melacak mereka menggunakan kunci kamar motel yang mereka jatuhkan saat berada di masjid.

Direktur Eksekutif Council on American-Islamic Relations (CAIR-MN) cabang Minnesota Jaylani Hussein mengatakan perusakan masjid St. Cloud adalah kelima kalinya tahun ini. Ini jadi yang terbesar dalam sejarah negara. Di antara insiden itu adalah pada Juni ketika seorang wanita membakar masjid East Grand Forks dengan korek api dan kaleng semprot.

Meskipun polisi belum menentukan motif para tersangka dalam kedua kasus tersebut, insiden tersebut telah membuat komunitas masjid ketakutan. “Setiap serangan tidak hanya menciptakan rasa cemas dan ketakutan yang meningkat, tetapi juga memunculkan gagasan bahwa sesuatu mungkin terjadi pada masjid mereka. Masjid-masjid yang tidak mengalami insiden tidak kalah khawatir – mereka lebih khawatir karena mereka merasa berada di urutan berikutnya dalam daftar," kata Hussein.

Biro Investigasi Federal (FBI) mulai menyusun dan menerbitkan laporan tahunan tentang data kejahatan rasial pada 1991 setelah Kongres mengesahkan Undang-Undang Statistik Kejahatan Kebencian. Undang-undang tersebut mendefinisikan kejahatan kebencian sebagai kejahatan yang menunjukkan bukti prasangka berdasarkan ras, agama, orientasi seksual, atau etnis.

Menurut data FBI terbaru, yang dikumpulkan oleh Liga Anti-Pencemaran Nama Baik, 8.263 kejahatan rasial dilaporkan secara nasional dalam data terbaru yang tersedia, dari tahun 2020, tertinggi sejak 2001. Di Minnesota terdapat 194 kejahatan rasial yang dilaporkan, yang paling banyak dilaporkan di seluruh dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement