Sabtu 24 Sep 2022 06:31 WIB

Timnas Spanyol Bertekad Amankan Posisi Puncak Klasemen Liga Bangsa-Bangsa

Enrique ingin menebus kegagalan Spanyol pada UEFA Nations League tahun lalu.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Luis Enrique (berdiri) saat mendampingi timnas Spanyol menghadapi Republik Ceko pada laga UEFA Nations League.
Foto: EPA-EFE/Lukas Kabon
Luis Enrique (berdiri) saat mendampingi timnas Spanyol menghadapi Republik Ceko pada laga UEFA Nations League.

REPUBLIKA.CO.ID, ARAGON -- Pertandingan kelima penyisihan Grup A2 Liga Bangsa-Bangsa jadi kesempatan Spanyol menyegel puncak klasemen sekaligus lolos ke babak berikutnya ketika menghadapi Swiss, di Stadion La Romareda, Zaragoza, Aragon, Spanyol, Ahad (25/9) dini hari WIB. Syaratnya adalah Spanyol harus mengalahkan Swiss dan Portugal kalah dari Ceska.

Tim Matador kini duduk di posisi puncak klasemen dengan keunggulan satu poin dari Portugal di urutan kedua. Spanyol dan Portugal akan saling berhadapan di matchday terakhir 28 September mendatang yang akan berlangsung di Portugal. Jika di partai kelima kedua tim ini menang atas lawannya masing-masing maka penentuan juara grup akan ditentukan di Portugal.

Baca Juga

Wajah Spanyol mungkin tak semenakutkan skuad mereka di tahun 2010 ketika mereka menjadi juara Piala Dunia. Kendati demikian mereka masih dapat dianggap sebagai pesaing tim-tim papan atas di Piala Dunia 2022 Qatar. Dan Swiss mesti tetap waspada dengan kekuatan tuan rumah di bawah asuhan Luis Enrique.

Spanyol mengumpulkan delapan poin dari 12 poin yang tersedia. Di pertandingan terakhir Spanyol menang 2-0 atas Republik Ceska berkat gol Carlos Soler dan Pablo Sarabia. Adapun Swiss mengalahkan Portugal 1-0. Spanyol diperkirakan akan mengatasi Swissi karena mempunyai rekor sejak Oktober 2018, La Roja tak mengalami kekalahan di kandang.

Pelatih Spanyol Luis Enrique akan menyambut Swiss tanpa beberapa pemain bintangnya. Aymeric Laporte dan Mikel Oyarzabal absen karena cedera. Adapun Ansu Fari dan Thiago Alcantara tak dipanggil sebab dianggap kebugarannya tak memungkinkan untuk dimainkan. Pun dengan dua pemain veteran David de Gea dan Sergio Ramos tak dipanggil.

Alvaro Morata akan menjadi tumpuan Enrique di lini depan yang akan dibantu oleh dua striker lainnya yakni Borja Iglesias dan Nico Williams. Unai Simon akan menggantikan posisi De Gea di bawah mistar. Absennya beberapa pemain bintang di laga ini diprediksi tak akan mengurangi kekuatan Spanyol.

Swiss jelas datang ke Spanyol dengan tekad bertahan di UEFA Nations League. Kemenangan atas Portugal membuka harapan mereka agar terhindar dari degradasi. Swiss ada di posisi buncit dengan nilai tiga atau tertinggal satu poin dari tim peringkat ketiga, Ceska, sehingga kemenangan adalah wajib bagi mereka atas Spanyol sambil berharap Ceska takluk dari Portugal.

Gelandang Spanyol Koke mengungkapkan Enrique meminta fokus kepada turnamen terdekat yakni UEFA Nations League daripada Piala Dunia yang masih dua bulan lagi. Spanyol akan menghadapi dua pertandingan penting agar lolos ke babak berikutnya.

“Sekarang kami fokus untuk mencoba lolos ke Final Four di turnamen di mana kami sangat dekat dengan kemenangan terakhir kali. Mudah-mudahan kami bisa melakukannya dan itu akan memberi kami lebih banyak kepercayaan diri untuk apa yang ada di depan,” kata gelandang Atletico Madrid itu jelang melawan Swiss, dilansir dari Sanluisobispo, Jumat (23/9).

Penyerang Spanyol Pablo Sarabia juga menyampaikan hal yang sama tentang permintaan Enrique yaitu melupakan sejenak Piala Dunia 2022. Pasalnya, Enrique ingin menebus kegagalan Spanyol pada UEFA Nations League tahun lalu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement