Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

16 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Erick Thohir Ingin Membuat Blue Print Masyarakat Ekonomi Syariah

Sabtu 24 Sep 2022 05:55 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Budi Raharjo

Ketua Umum MES, Erick Thohir, berencana membuat blue print Masyarakat Ekonomi Syariah sampai 10 tahun mendatang.

Ketua Umum MES, Erick Thohir, berencana membuat blue print Masyarakat Ekonomi Syariah sampai 10 tahun mendatang.

Foto: MES
Erick Thohir ungkap empat potensi pertumbuhan ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Erick Thohir, mengungkapkan empat potensi pertumbuhan ekonomi. Pertama, pertumbuhan ekonomi digital akan menjadi pertumbuhan ekonomi baru pada masa depan.

Kedua, hasil sumber daya alam menjadi pertumbuhan yang harus hilirisasi dan industrialisasi. Ketiga, pertumbuhan industri kreatif akan menjadi salah satu tonggak pertumbuhan. “Saya meyakini pertumbuhan ekonomi syariah menjadi salah satu ketiga hal tersebut,” ujarnya, Sabtu (24/9/2022).

Menurutnya berdasarkan data ekonomi Indonesia akan terus tumbuh sampai 2045, pertumbuhan ekonomi bisa mencapai lima persen setiap tahunnya. “Tetapi pertumbuhan itu masih asumsi saja yang menjadi kunci justru bisa tidak memetakan pertumbuhan itu dari mana saja dan bisa tidak diimplementasikan,” ucapnya.

Dari sisi ekonomi syariah, Erick berencana membuat blue print sampai 10 tahun mendatang. Hal ini mengingat momentum sekarang sangat tepat karena melihat situasi Covid-19 yang lalu, situasi geopolitik yang sedang berjalan yang namanya recovery ekonomi akan berjalan dan membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun.

“Jika berkenan kita memiliki blue print 10 tahun mendatang, sehingga siapapun kepengurusannya komitmen implementasi yang berkelanjutan harus tetap diteruskan siapapun kepengurusannya. Kadang bangsa kita terjebak dengan istilah quick win padahal membangun pertumbuhan ekonomi dan ekosistem diperlukan keberlanjutan sustainability,” ucapnya. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile