Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

9 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Menteri Koperasi dan UKM Dukung Peran PNM Dampingi Nasabah Mekaar di Sulawesi Utara

Ahad 25 Sep 2022 03:26 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatihan Literasi Keuangan dan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bertempat di Hotel Aryaduta Manado yang diikuti oleh 600 Nasabah Mekaar bekerja sama dengan Garda Transfumi (Transfirmasi Formal Usaha Mikro).

Pelatihan Literasi Keuangan dan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bertempat di Hotel Aryaduta Manado yang diikuti oleh 600 Nasabah Mekaar bekerja sama dengan Garda Transfumi (Transfirmasi Formal Usaha Mikro).

Foto: Dok. Web
PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 148,56 T kepada nasabah.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Permodalan Nasional Madani (PNM) kembali menyelenggarakan Pelatihan Literasi Keuangan dan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bertempat di Hotel Aryaduta Manado yang diikuti oleh 600 Nasabah Mekaar bekerja sama dengan Garda Transfumi (Transfirmasi Formal Usaha Mikro). Dalam kegiatan pelatihan tersebut dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey serta Direktur Operasional PNM Sunar Basuki.

PNM menyatakan berkomitmen memberikan pendampingan serta literasi bagi nasabahnya. Salah satunya adalah memberikan pelatihan pentingnya nasabah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Baca Juga

Direktur Operasional PNM Sunar Basuki mengatakan di Sulawesi Utara telah diterbitkan NIB bagi 600 nasabah PNM Mekaar. Nasabah PNM di Sulawesi Utara juga sudah mencapai 101 ribu dengan 30 kantor layanan dan 400 pendamping lapangan atau AO.

"Selain perusahaan pembiayaan yang memberikan akses modal, PNM juga punya ciri khas memberikan pemberdayaan berupa pelatihan. Jadi, PNM punya pelatihan mulai dari pembentukan mental usaha, motivasi, pembelajaran untuk menjadi pengusaha, peningkatan produktivitas, dan lainnya," ujar Sunar.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, menyampaikan bahwa NIB sangat penting bagi pelaku usaha mikro, agar tidak lagi berstatus usaha informal, tetapi naik kelas mebjadi pelaku usaha formal. Dalam kesempatan ini, Teten memberikan apresiasi yang tinggi kepada PNM, yang sangat concern dalam melaksanakan pendampingan bagi Nasabah PNM Mekaar

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengapresiasi PNM yang telah memberikan NIB kepada 600 nasabah PNM Mekaar. Hal itu dapat meningkatkan kegiatan ekonomi rakyat di daerahnya.

"Saya berterima kasih atas peran PNM yang membantu kesiapan anggota dalam melaksanakan kegiatan ekonomi UMKM yang ada di wilayah ini. Semoga ini tetap berlanjut terus sehingga manfaatnya dapat dinikmati masyarakat Sulawesi Utara," ucap Olly.

Sebagai informasi, hingga 24 September 2022, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 148,56 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12,7 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki 4186 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 Provinsi, 443 Kabupaten/Kota, dan 5640 Kecamatan.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan para ibu nasabah PNM Mekaar telah membantu membuka lapangan pekerjaan selama masa pandemi COVID-19.

"Satu ibu nasabah Mekaar bisa mempekerjakan satu hingga dua orang. Selama COVID ada penambahan 7,1 juta orang. Artinya, ketika di kota-kota besar melepaskan pegawai, ibu-ibu di desa membuka lapangan kerja sampai 7,1 juta orang," ujar Erick seperti dilansir dari Antara.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile