Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

10 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kebakaran Landa Hutan TN Gunung Ciremai

Senin 26 Sep 2022 00:42 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus raharjo

Petugas gabungan terkepung kobaran api dan kepulan asap saat melakukan pemadaman kebakaran hutan di lereng Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, Rabu (3/10). (Ilustrasi)

Petugas gabungan terkepung kobaran api dan kepulan asap saat melakukan pemadaman kebakaran hutan di lereng Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, Rabu (3/10). (Ilustrasi)

Foto: Antara/Dedhez Anggara
Kepulan api pertama kali terlihat di Blok Jalan Maling, pada Ahad (25/9/2022) siang.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN – Kebakaran kembali melanda kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Tim gabungan tengah bekerja keras memadamkan kobaran api.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana, menjelaskan, kepulan api pertama kali terlihat di Blok Jalan Maling, pada Ahad (25/9/2022) pukul 12.30 WIB. "Api kemudian meluas ke blok-blok lainnya," kata Indra, Ahad (25/9/2022) malam.

Baca Juga

Api diketahui meluas ke arah Blok Cileutik, Blok Manguntapa, Blok Tegal Bodas, Blok Situmpuk, dan Blok Penyok Rama, yang masuk wilayah Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Pihak Balai TNGC kemudian berkoordinasi dengan TNI, Polri, BPBD Kabupaten Kuningan, Masyarakat Peduli Api (MPA), relawan, Forum Ciremai dan Destana Karangsari.

Tim Gabungan yang berjumlah sekitar 70 personel dari unsur-unsur tersebut dan ditambah masyarakat setempat kemudian disebar ke beberapa titik yang terbakar. Mereka berupaya melakukan upaya pemadaman. Upaya tersebut dilakukan dengan menggunakan berbagai peralatan seperti jet shooter hingga selang/pipa air.

Tim Gabungan kemudian berkumpul di Blok Penyok Rama untuk mencegat api yang mengarah ke Blok Karang Dinding pada pukul 18.24 WIB. Kerja keras yang dilakukan tim gabungan akhirnya berhasil memadamkan api pada pukul 19.59 WIB.

 

Meski demikian, tim gabungan kembali melanjutkan penyisiran dan pemadaman. Pasalnya, ada beberapa titik bara api yang kembali menyala. Hingga Ahad (25/9/2022) pukul 21.00 WIB, upaya penyisiran dan pendinginan bara api masih dilaksanakan.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui luasan area yang terbakar. Pihak terkait akan melakukan pemetaan untuk mengetahui luasan area terbakar pada Senin (26/9/2022).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile