Senin 26 Sep 2022 08:18 WIB

Lolos ke Putaran Final, Van Dijk Bangga Gawang Belanda Lagi-Lagi tak Bisa Dibobol Lawan

Bahkan Belgia yang diperkuat Kevin de Bruyne dibuat tak berkutik.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapten timnas Belanda, Virgil van Dijk (kiri).
Foto: AP Photo/Martin Meissner
Kapten timnas Belanda, Virgil van Dijk (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Kapten tim nasional Belanda, Virgil van Dijk bereaksi setelah timnya meraih hasil positif pada laga terakhir Grup 4 Liga A UEFA Nations League musim 2022/23. De Orange menang tipis 1-0 atas Belgia di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Senin (26/9/2022) dini hari WIB.

Hasil demikian cukup untuk meloloskan tuan rumah ke tahapan selanjutnya. Jelas, Van Dijk bersyukur akan hal ini. Mereka menumbangkan rival terkuat di babak penyisihan.

Baca Juga

Ia menyoroti fakta gawang timnya tidak kebobolan. Ini dimulai dari duel kontra Polandia beberapa hari lalu. Kemudian pada laga yang baru saja berlangsung.

"Tugas selesai. Pertandingan yang sulit hari ini. Kembali menjaga clean sheet itu sangat penting," kata Van Dijk, dikutip dari laman resmi UEFA.

Ia melihat Belgia beberapa kali menemar ancaman. Bahkan, menurutnya, kubu tamu bisa saja unggul. Tetapi Die Roten Teufel diharuskan mencetak gol dalam jumlah besar.

Target demikian, menambah beban Eden Hazard dan rekan-rekan. Belanda lebih tenang berada di lapangan. Gol tunggal tuan rumah tercipta pada menit ke-73 lewat sundulan Van Dijk. 

"Setelah gol, kami menciptakan lebih banyak peluang, dan bisa mencetak dua, tiga, atau empat gol lagi," ujar sang kapten.

Secara keseluruhan, ia mengakui mereka mendapat lawan berat. Belgia merupakan tim urutan kedua FIFA. Ada banyak jugador berkelas di skuat the Red Devils.

Belanda finis di posisi teratas. Der Oranje meraih tiket putaran final. Sementara Kevin de Bruyne dkk harus puas berada di urutan kedua. 

Peringkat ketiga ditempati Polandia. Wales yang menempati posisi terbawah, dipastikan tampil di Liga B pada musim depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement