Senin 26 Sep 2022 16:01 WIB

SpaceX Berhasil Luncurkan 52 Satelit dan Mendaratkan Roket di Laut

Tahun depan, SpaceX juga akan meluncurkan roket Starlink generasi 2.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
SpaceX meluncurkan 52 satelit internet Starlink lainnya untuk mengorbit.
Foto: EPA-EFE/YONHAP
SpaceX meluncurkan 52 satelit internet Starlink lainnya untuk mengorbit.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- SpaceX meluncurkan 52 satelit internet Starlink lainnya untuk mengorbit Sabtu (24/9/2022) malam dan juga melakukan pendaratan roket di laut. Roket Falcon 9 dengan 52 pesawat ruang angkasa Starlink lepas landas dari Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral Florida pada Sabtu (24/9/2022) pukul 19.32 EDT (pukul 23.32 GMT).

Kurang dari sembilan menit kemudian, tahap pertama Falcon 9 kembali ke Bumi untuk mendarat tepat di “droneship” SpaceX A Shortfall of Gravitas, yang ditempatkan di Samudra Atlantik. Itu adalah peluncuran dan pendaratan keempat untuk booster khusus ini, menurut deskripsi misi SpaceX.

Baca Juga

Dilansir dari Space, Senin (26/9/2022), tahap atas Falcon 9 menyebarkan 52 Starlink 15,5 menit setelah lepas landas seperti yang direncanakan, SpaceX dikonfirmasi melalui Twitter. Peluncuran Sabtu (24/9/2022) melanjutkan pembangunan megakonstelasi Starlink SpaceX, yang menyediakan layanan internet untuk orang-orang di seluruh dunia. Perusahaan sekarang telah memiliki hampir 3.400 satelit Starlink dan berencana untuk meluncurkan ribuan satelit lainnya.

Mulai tahun depan, SpaceX akan meluncurkan satelit Starlink Versi 2, yang akan jauh lebih besar dan lebih mampu daripada iterasi saat ini. Pesawat ruang angkasa V2 akan dapat memancarkan konektivitas langsung ke smartphone, dan akan melakukannya untuk pelanggan T-Mobile melalui proyek yang disebut “Coverage Above and Beyond,” pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk mengumumkan bulan lalu.

SpaceX berencana untuk meluncurkan batch Starlink V2 di atas kendaraan Starship generasi berikutnya yang besar, yang juga akan membawa kargo dan manusia ke bulan dan Mars, jika semuanya berjalan sesuai rencana. Penerbangan uji orbital pertama Starship “sangat mungkin” terjadi pada November, kata Musk baru-baru ini.

Peluncuran Sabtu (24/9/2022) adalah misi orbit ke-43 SpaceX 2022, menambah rekor peluncuran satu tahun perusahaan. Pencapaian tertinggi SpaceX sebelumnya untuk peluncuran dalam setahun adalah 31, dicapai pada 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement