Senin 26 Sep 2022 18:57 WIB

Obat Kontrasepsi Hormonal Bikin Rahim Kering, Dokter: Itu Mitos

Dokter sebut tak ada kaitan obat kontrasepsi hormonal dengan rahim kering.

Red: Nora Azizah
Dokter sebut tak ada kaitan obat kontrasepsi hormonal dengan rahim kering.
Foto: freepik
Dokter sebut tak ada kaitan obat kontrasepsi hormonal dengan rahim kering.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Obat kontrasepsi hormonal yang diyakini sebagian masyarakat bisa menyebabkan rahim kering hanyalah mitos. Sekretaris Jenderal Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia - Jakarta Raya dr Ulul Albab, ApOG, menegaskan, tak ada kaitan antara kontrasepsi hormonal dan rahim menjadi kering, bahkan ada beberapa jenis kontrasepsi hormonal yang justru memberikan proteksi terhadap dinding rahim.

"Kemudian, fungsi kontrasepsi hormonal cara kerjanya salah satunya mengentalkan serviks sehingga membuat sperma tidak bisa naik ke atas bertemu telur. Jadi, tidak ada kaitannya dengan kenikmatan atau sensasi saat berhubungan seksual juga," terang Ulul, menjawab tema yang berkaitan dengan Hari Kontrasepsi Sedunia, Senin (26/9/2022).

Baca Juga

Mitos lainnya terkait kontrasepsi, menurut Ulul, antara lain penggunaan IUD yang dapat membuat rasa kurang nyaman suami saat berhubungan seksual. Ini salah satunya terkait benang yang sampai ke vagina saat pemasangan IUD.

Ulul menuturkan, ada aturan khusus dalam pemasangan IUD. Panjang dan pendeknya benang yang tertinggal dalam rahim dapat berpengaruh pada kenyamanan suami.

"Makanya dengan pemasangan yang tepat, benang yang tidak terlalu panjang, jenis IUD yang dipilih cukup bagus, maka itu semua (masalah) bisa dihindarkan," tutur dia.

Sementara mengenai penggunaan kondom yang dinilai sebagian pria memengaruhi kenikmatan berhubungan intim, Ulul tidak menampiknya. Tapi, menurutnya, masalah itu terletak pada bahan kondom yang mungkin mempengaruhi sensasi saat pria dan pasangannya melakukan hubungan intim.

"Sarannya, pilih kondom yang tepat. Perlu diingat, ada beberapa bahan-bahan kondom, bukan hanya lateks tetapi ada beberapa jenis yang lain," katanya.

Selain bahan, perhatikan juga tebal dan tipisnya kondom dan cara pemasangannya karena kedua hal ini juga berpengaruh pada kenikmatan saat berhubungan.

Ulul menambahkan, pada prinsipnya, kontrasepsi itu aman dan nyaman digunakan sehingga pasangan suami istri tak perlu khawatir saat berhubungan intim.

"Justru dengan kontrasepsi harusnya tidak ada rasa khawatir untuk terjadi kehamilan sehingga berhubungan seksual jadi lebih maksimal dan lebih intim," demikian kata dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement