Selasa 27 Sep 2022 05:03 WIB

Mengapa Ada Orang Sulit Menelan Obat? Dokter Ungkap Alasannya

Ada cara terbaik untuk menelan obat dengan lancar tanpa tersedak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Penyebab ada orang sulit menelan obat. (ilustrasi)
Foto: freepik
Penyebab ada orang sulit menelan obat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO,ID, JAKARTA -- Cukup banyak orang yang masih kesulitan minum obat karena khawatir akan tersedak. Permasalahan ini terkesan sepele, namun bisa sangat menyusahkan. Utamanya, jika seseorang ada dalam kondisi perlu minum obat yang berbentuk tablet, pil, atau kapsul.

Seorang dokter mengungkap penyebab dari kondisi itu. Secara alami, seseorang akan mengunyah makanan sebelum ditelan. Saat akan mengonsumsi tablet atau kapsul, tubuh secara sadar melakukan pengesampingan terhadap refleks mengunyah dan menelan yang normal. Itu menyebabkan satu dari tiga orang bisa mengalami tersedak atau muntah.

Baca Juga

Masalah menelan karena takut tersedak dipicu karena tenggorokan tegang dan menyempit. Seseorang mungkin juga menderita mulut kering serta kesulitan menelan yang disebut disfagia.

Dokter dari Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), Karan Rajan, membagikan cara terbaik untuk menelan obat dengan lancar tanpa tersedak. Lewat media sosial Tiktok, Rajan memberikan komentar terhadap unggahan seseorang yang menerapkan metode tepat.

Awalnya, orang tersebut meletakkan kapsul di lidah, meneguk air, tetapi tidak kunjung bisa menelannya. Kemudian, mereka menundukkan kepala sebelum menelan obat, metode yang menurut Rajan bekerja dengan baik, lantas itu memang berhasil.

"Cara terbaik untuk menelan kapsul adalah dengan kepala menunduk ke depan. Ini mungkin tampak aneh, tetapi kapsul ringan dan mengapung di air, jadi ketika kepala menunduk ke depan, kapsul mengarah ke tenggorokan," ujar Rajan dikutip dari laman Mirror, Senin (2/9/2022).

Ketika posisi kepala netral atau sedikit miring ke belakang, kapsul malah melayang ke arah gigi sehingga menelannya bakal sedikit lebih sulit. Aturan berbeda berlaku untuk obat lain seperti tablet dan pil, yakni kepala sebaiknya sedikit dimiringkan ke belakang.

Rajan mengatakan, alasannya yakni tablet dan pil bisa sedikit lebih berat dan lebih padat dibandingkan dengan kapsul. Fokusnya harus pada memasukkan obat ke dalam faring, yakni tabung yang menghubungkan mulut dan kerongkongan.

Akan tetapi, sejumlah metode yang dibahas tidak akan membuat perbedaan besar bagi orang yang tidak mengalami kesulitan menelan obat. NHS menyarankan konsumsi pil bersama makanan dan minum air agar dapat membantu menelan dengan lancar.

Badan kesehatan itu juga menyarankan tidak meletakkan pil ke bagian belakang tenggorokan atau menundukkan kepala terlalu berlebihan karena dapat membuat lebih sulit untuk menelan. Pedoman lain yakni tidak menghancurkan pil, tidak membuka kapsul, atau mengubah bentuk obat tanpa mendapatkan saran medis. Semua itu bisa memicu obat tidak bekerja dengan benar. Disarankan untuk berkonsultasi dengan apoteker tentang bentuk lain dari obat yang mungkin tersedia.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِذَا جَاۤءَكَ الْمُؤْمِنٰتُ يُبَايِعْنَكَ عَلٰٓى اَنْ لَّا يُشْرِكْنَ بِاللّٰهِ شَيْـًٔا وَّلَا يَسْرِقْنَ وَلَا يَزْنِيْنَ وَلَا يَقْتُلْنَ اَوْلَادَهُنَّ وَلَا يَأْتِيْنَ بِبُهْتَانٍ يَّفْتَرِيْنَهٗ بَيْنَ اَيْدِيْهِنَّ وَاَرْجُلِهِنَّ وَلَا يَعْصِيْنَكَ فِيْ مَعْرُوْفٍ فَبَايِعْهُنَّ وَاسْتَغْفِرْ لَهُنَّ اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Wahai Nabi! Apabila perempuan-perempuan yang mukmin datang kepadamu untuk mengadakan bai‘at (janji setia), bahwa mereka tidak akan mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Allah; tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak-anaknya, tidak akan berbuat dusta yang mereka ada-adakan antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakaimu dalam urusan yang baik, maka terimalah janji setia mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 12)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement