Selasa 27 Sep 2022 08:15 WIB

Kabayan Milenial The Series Masuki Episode 2, Penuh Pesan Toleransi

Ada 12 episode yang akan tayang di TVRI.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gubenur Jabar Ridwan Kamil meluncurkan Kabayan Milenial The Series di Gedung Sate belum lama ini.
Foto: Istimewa
Gubenur Jabar Ridwan Kamil meluncurkan Kabayan Milenial The Series di Gedung Sate belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Film Kabayan Milenial The Series mengandung khazanah budaya Jawa Barat, termasuk melestarikan cerita rakyat tentang Kabayan. Dalam serial tersebut, karakter Kabayan dikemas berbeda. 

Kabayan Milenial The Series diproduksi oleh Aria Production. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar pun turut mendukung proses produksi serial tersebut. Ada 12 episode yang akan tayang di TVRI. Episode 2 Kabayan Milenial The Series sendiri akan tayang Selasa (27/9/2022) pukul 13:00 WIB di TVRI.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar Ika Mardiah, pembuatan serial tersebut menjadi salah satu program unggulan Diskominfo Jabar. Melalui serial tersebut, Diskominfo Jabar menyosialisasikan program dan kebijakan Pemprovinsi Jabar dengan balutan kearifan lokal. 

"Kabayan Milenial The Series bisa menggelorakan semangat pelaku perfilman dan pelaku ekonomi kreatif lainnya untuk melahirkan karya-karya yang mengandung nilai-nilai dan kearifan Jabar," ujar Ika, akhir pekan lalu.

"Mudah-mudahan Kabayan Milenial The Series ini dapat disaksikan dan dinikmati oleh masyarakat Jabar. Episode 2 serial tersebut akan tayang di TVRI pada Selasa besok," katanya.

Sementara menurut Executive Produser Aria Production Pamriadi, Kabayan dalam serial tersebut merupakan seorang sarjana pertanian, pintar, inovatif, kreatif, tidak malas, dan bersemangat tinggi. 

"Ini mencerminkan bahwa orang Sunda adalah orang yang cerdas dengan sosok Kabayan. Orang yang pintar, tidak malas, inovatif, kreatif," kata Pamriadi.

Selain itu, Pamriadi juga mengatakan bahwa Kabayan Milenial The Series penuh dengan pesan-pesan perdamaian, toleransi, keberagaman, dan kerukunan. Hal itu dikemas dalam beberapa adegan. 

"Kabayan Milenial, wajah Jabar yang meng-Indonesia karena ada pembumian Pancasila, ada pesan-pesan moralnya, ada hal-hal yang terkandung dalam serial tersebut," katanya. 

Sementara itu, salah satu Tokoh Sunda yang berperan sebagai Kepala Desa dalam Kabayan Milenial The Series, Dandan Reza Wardhana, mengatakan bahwa Kabayan Milenial The Series punya spirit baru untuk para pemuda Sunda agar menyukai sosok Kabayan sebagai pemuda Sunda yang inovatif, cerdas, agamis dan berjiwa entrepreneur. 

Hal itu juga, kata dia, merupakan upaya penguatan karakter pemuda Sunda melalui propaganda film nasional, dan menguatkan posisi pemuda Sunda di kancah nasional dan internasional.

Sedangkan, Andini Bonakraton, salah satu artis Kabayan Milenial The Series menyatakan rasa bangganya dapat ikut serta dalam produksi film berbasis budaya Jabar tersebut, dan bisa beradu akting bersama artis-artis senior, seperti Dicky Chandra, Ki Daus, Ceu Edoh. Dia berharap, Kabayan Milenial The Series mendapatkan respons yang positif dari pemirsa TVRI Nasional. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement