Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

16 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kolombia dan Venezuela Kembali Buka Jalur Perdagangan di Perbatasan

Selasa 27 Sep 2022 08:23 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha

Pejalan kaki menggunakan Jembatan Internasional Simon Bolivar untuk menyeberang antara San Antonio, Venezuela dan Cucuta, Kolombia, Senin, 26 September 2022. Kendaraan dengan barang dagangan juga melintasi jembatan dalam tindakan seremonial untuk menutup dimulainya kembali hubungan komersial antara kedua negara.

Pejalan kaki menggunakan Jembatan Internasional Simon Bolivar untuk menyeberang antara San Antonio, Venezuela dan Cucuta, Kolombia, Senin, 26 September 2022. Kendaraan dengan barang dagangan juga melintasi jembatan dalam tindakan seremonial untuk menutup dimulainya kembali hubungan komersial antara kedua negara.

Foto: AP Photo/Fernando Vergara
Pembukaan perbatasan Kolombia-Venezuela berikan harapan bagi bisnis regional.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Sejumlah truk bermuatan aluminium dan obat-obatan melintasi jembatan yang menghubungkan Kolombia dan Venezuela untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun pada Senin (26/9/2022). Kolombia dan Venezuela telah memulihkan hubungan diplomatik, dan memberikan harapan bagi bisnis regional untuk meningkatkan perdagangan.

Sejumlah truk melintasi Jembatan Internasional Simon Bolivar antara Cucuta, Kolombia, dan San Antonio, Venezuela. Jembatan itu pernah menjadi salah satu penyeberangan tersibuk antara dua negara Amerika Selatan. Penduduk daerah perbatasan dan pemilik bisnis di kedua negara berharap lalu lintas kargo dibuka kembali untuk menciptakan lapangan kerja dan mengurangi perdagangan ilegal yang berkembang pesat.

Baca Juga

“Mudah-mudahan, kami dapat mengaktifkan kembali 1.200 pekerjaan langsung yang hilang,” kata Presiden Federasi Agen Logistik dalam Perdagangan Internasional Kolombia, Sandra Guzman Lizarazo.

Lizarazo harus menutup semua, kecuali satu dari 15 gudang pabeannya di kota perbatasan Kolombia ketika lalu lintas komersial diblokir. Pada 2015 Presiden Venezuela Nicolas Maduro memerintahkan penyeberangan perbatasan ditutup. Langkah ini diambil sebagai tindakan keras terhadap penyelundupan. Lalu lintas pejalan kaki akhirnya dilanjutkan, dan beberapa kargo yang sangat terbatas terus bergerak melalui jembatan paling utara.

Hubungan antara pemerintah sosialis Maduro dan Kolombia yang bersekutu dengan Amerika Serikat (AS) telah memanas. Hubungan diplomatik antara Kolombia dan Venezuela semakin memanas setelah Maduro terpilih kembali dalam pemilihan presiden pada 2018. Kolombia, AS, dan banyak negara lain menilai pemilihan itu tidak sah karena ada kecurangan. Hubungan diplomatik Kolombia dan Venezuela terputus pada tahun berikutnya.

Perdagangan antara Kolombia dan Venezuela mencapai 2,4 miliar dolar AS pada 2014. Tetapi perdagangan keduanya turun menjadi sekitar 406 juta dolar AD tahun lalu. Menurut Kamar Integrasi Ekonomi Venezuela-Kolombia, sebagian besar penurunan terjadi pada impor Venezuela dari Kolombia.

Kamar Integrasi Ekonomi Venezuela-Kolombia memperkirakan, aktivitas perdagangan tahun ini dapat melebihi 1 miliar dolar AS jika penyeberangan dibuka kembali untuk lalu lintas kendaraan. Pemerintah Venezuela memperkirakan, pertukaran komersial dalam waktu satu tahun setelah perbatasan kembali dibuka dapat melebihi 4 miliar dolar AS.

Truk pertama yang melintasi jembatan memasuki Kolombia dengan membawa gulungan aluminium dari Venezuela.  Truk berikutnya bergerak ke arah yang berlawanan, mengangkut obat-obatan. Masing-masing dihiasi dengan bendera dan membunyikan klakson saat memasuki negara tetangga. 

 

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile