Selasa 27 Sep 2022 21:12 WIB

Penyakit Ngorok Membunuh Puluhan Kerbau di Kampar

Penyebaran penyakit itu diduga akibat ada perpindahan ternak beberapa waktu lalu.

Rep: Febrian Fachri / Red: Ilham Tirta
Kerbau (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Arnas Padda
Kerbau (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKAN BARU -- Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Faralinda mengatakan, ada puluhan ekor kerbau milik peternak di Kecamatan Kampar dan Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar yang mati. Kematian puluhan ternak ini diduga akibat terkena penyakit Septicaemia Epizootica (SE) atau penyakit ngorok.

"Kami masih menunggu laporan pasti dari Dinas Peternakan Kampar terkait berapa jumlah kerbau yang mati. Kabarnya puluhan," kata Faralinda, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga

Fara mengatakan, bila melihat gejala pada kerbau-kerbau yang mati tersebut, hewan ternak ini diduga terkena penyakit ngorok. Pihaknya juga menduga, menyebarnya penyakit ngorok ini karena terjadi perpindahan ternak yang sakit beberapa waktu lalu ke dua kecamatan tersebut.

"Menyebarkannya penyakit ini diduga karena ada perpindahan sapi yang sakit dari XIII Koto Kampar ke beberapa lokasi. Karena saat itu ada kegiatan jual beli ternak oleh belantik yang membeli ternak dengan harga murah dari peternak," ujar Faralinda.

Dinas Kesehatan Hewan Riau mengimbau agar para peternak lebih memperhatikan ternaknya. Jika ada ternak yang mengalami sakit, hendaknya ditempatkan di kandang yang terpisah agar tidak menularkan ke hewan ternak lainnya.

Karena penularan penyakit SE ini, kata dia, juga cepat. Terutama dari cairan tubuh ternak.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ
Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

(QS. Ar-Ra'd ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement