Rabu 28 Sep 2022 05:48 WIB

Apa Organ Terbesar di Tubuh Manusia?

Rata-rata orang dewasa membawa 8 pon dan 22 kaki persegi kulit di tubuh merek

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
organ terbesar di tubuh manusia yaitu kulit. (llustrasi)
Foto: www.freepik.com
organ terbesar di tubuh manusia yaitu kulit. (llustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anatomi tubuh bekerja seperti mesin, keberhasilannya bergantung pada kerja lebih dari 70 organ. Masing-masing organ dengan fungsi unik.

Misalnya ada organ yang berfungsi memompa darah jantung, memecah makanan, mengatur gula, hingga menyaring hati, setiap komponen ekosistem manusia merupakan bagian integral dari mesin yang lebih besar. Lantas, organ mana yang paling besar?

Baca Juga

Dilansir laman USA Today, Selasa (27/9/2022), kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh. Ini adalah organ eksternal. Menurut National Geographic, rata-rata orang dewasa membawa sekitar 8 pon (3,6 kilogram) dan 22 kaki persegi (dua meter persegi) kulit di tubuh mereka.

Kulit terdiri atas tiga lapisan yakni epidermis, dermis, dan hipodermis. Ini berfungsi sebagai penghalang yang sangat penting antara tubuh dan bakteri, bahan kimia, dan suhu.

Selain kulit, empat organ terbesar lainnya di tubuh manusia adalah hati, paru-paru, jantung, dan ginjal. Hati adalah organ dalam tubuh yang terbesar dan padat. Di bagian kanan atas perut Anda, hati adalah sistem penyaringan tubuh Anda. Ini menyaring racun dari darah dan menghasilkan protein untuk plasma darah.

Hati juga menghasilkan empedu, produk yang membantu memindahkan limbah dan memecah lemak di usus kecil selama pencernaan. Warnanya cokelat tua atau merah dan beratnya sekitar tiga pon. Sampai saat ini, ada 79 organ yang diakui secara umum dalam tubuh manusia, baik internal maupun eksternal.

Otot terkuat

Apa otot terkuat di tubuh manusia? Ini bukan pertanyaan dengan jawaban langsung, karena kekuatan otot memiliki banyak ukuran yang berbeda. Library of Congress melaporkan, otot terkuat di tubuh adalah Masseter. Ini adalah salah satu dari empat otot yang bertanggung jawab untuk mengunyah.

Otot terbesar dalam tubuh manusia adalah Gluteus Maximus. Ini bertanggung jawab untuk menjaga postur tubuh Anda tetap tegak, dan merupakan gaya antigravitasi utama yang bekerja saat Anda menaiki tangga. Otot kuat lainnya termasuk lidah, jantung, otot rahim, otot mata luar, dan Soleus (otot yang ditemukan tepat di bawah betis).

Tulang terbesar

Tulang paha merupakan tulang terbesar dalam tubuh. Ini adalah tulang terpanjang dan terkuat di tubuh Anda. Femur adalah tulang paha Anda, berjalan dari lutut ke pinggul Anda. Ini adalah tulang yang sulit untuk dipatahkan, tetapi jika Anda melakukannya, Anda mungkin perlu dioperasi.

Lalu apa organ terkecil dalam tubuh manusia? Kelenjar pineal adalah kelenjar endokrin yang sangat kecil yang ditemukan di otak yang mengatur ritme sirkadian Anda (pola tidur) dengan melepaskan melatonin. Organ yang sangat kecil ini berbentuk seperti biji pinus kecil. Oleh karena itu dinamakan kelenjar "pinus".

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement