Rabu 28 Sep 2022 03:33 WIB

Cara Mencegah Agar Kulit tak Kering Sehabis Mandi

Mandi merupakan komponen utama karena menyangkut seluruh bagian badan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Cara mencegah agar kulit tak kering sehabis mandi. (ilustrasi)
Foto: Republika
Cara mencegah agar kulit tak kering sehabis mandi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aktivitas mandi merupakan hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih setelah pandemi Covid-19 mereda, kini banyak orang semakin antusias melakukan mandi setelah beraktivitas di luar ruangan.

Marketing Manager Personal Care Category Wings Group, Mita Ardiani, melihat terkadang perawatan tubuh yang dianggap penting hanyalah bagian wajah menggunakan skincare. Padahal, mandi merupakan komponen utama karena menyangkut seluruh bagian badan. 

Baca Juga

“Mandi itu pengalaman menyenangkan atau memanjakan diri bagi wanita, dan penting bagi wanita hijab yang bisa lebih gerah dengan iklim tropis,” kata Mita dalam peluncuran Giv Hijab Rose Water & Argan Oil di Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Mita mengatakan, konsumen hijab membutuhkan treatment spesial agar kulit mereka tetap sehat dan terawat. Pasalnya, ada salah kaprah bahwa kulit yang tertutupi kain berarti bebas dari paparan sinar matahari dan polusi. Padahal, mereka yang berhijab lebih sering berkeringat, sehingga berpotensi mengurangi kadar air dalam tubuh yang rentan membuat kulit menjadi kering. 

Berikut tips agar kulit tak kering sehabis mandi, menurut Mita:

1. Perhatikan durasi mandi

Sering kali ada anggapan bahwa terlalu sering mandi akan membuat kulit kering. Padahal sebenarnya membersihkan tubuh bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Jika mandi dua kali sehari dirasa cukup, maka itu batas yang aman. Tetapi apabila kepadatan aktivitas sehari-hari menuntut mandi kembali sebelum beranjak tidur, itu juga bisa lebih membuat nyaman dan membuat tubuh bersih.

“Wanita bisa lebih sering mandi sebenarnya, dua kali sehari juga cukup, kalau mau lebih sering usahakan pilih sabun yang tepat agar tidak kering,” kata Mita.

2. Perhatikan kandungan sabun mandi

Ada baiknya memilih kandungan-kandungan yang cocok untuk kulit. Pilih produk yang mampu menjaga kelembapan kulit.

Contohnya kandungan argan oil, vitamin A, vitamin C, dan D untuk menbantu menjaga hidrasi kulit. Selain itu, tinggi vitamin E untuk mengurangi atau mencegah iritasi. Ditambah kandungan yang menambah wangi tahan lama serta menyegarkan kulit.

Kandungan rose water dipercaya menyegarkan sekaligus menjadi aroma yang dianjurkan untuk dipakai sebelum ibadah menurut pandangan Muslim. Sementara argan oil merupakan komposisi alami yang ampuh merawat kelembapan kulit tubuh, khususnya bagi hijabers

3. Pertimbangkan uji dermatologis 

Hal ini untuk mengetahui suatu produk aman bagi kulit, terutama yang sensitif. Pengujian ini untuk menentukan, baik kulit normal maupun sensitif, akan aman menggunakannya.

Setelah mandi dengan menggunakan sabun yang dirasa tepat, maka tidak ada salahnya memanfaatkan pelembap bagi kulit. Penggunaan losion juga bisa menambah perlindungan sesuai manfaat yang ditawarkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement