Rabu 28 Sep 2022 09:50 WIB

Pendeta Yerusalem Serukan Umat Kristiani Lindungi Masjid Al Aqsa

Penghancuran Masjid Al Aqsa berarti penghancuran umat Islam dan Kristen di Yerusalem.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Polisi Israel melakukan manuver melalui kompleks Masjid Al Aqsa. Pendeta Yerusalem Serukan Umat Kristiani Lindungi Masjid Al Aqsa
Foto: AP/Mahmoud Illean
Polisi Israel melakukan manuver melalui kompleks Masjid Al Aqsa. Pendeta Yerusalem Serukan Umat Kristiani Lindungi Masjid Al Aqsa

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Seorang pendeta Palestina, Pastor Manuel Musallam, menyerukan agar semua orang Kristen di Palestina memobilisasi dan melindungi Masjid Al-Aqsa dari serangan pemukim Israel yang direncanakan dalam beberapa hari dan pekan mendatang.

"Keberhasilan rencana pemukim untuk menghancurkan Masjid Al Aqsa berarti penghancuran keberadaan Kristen dan Islam di Yerusalem," kata Musallam dalam siaran persnya, dikutip di Middle East Monitor, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga

Berbicara kepada orang-orang Kristen di Yerusalem dan di seluruh Palestina yang bersejarah, dia meminta mereka harus berdiri berdampingan bersama saudara-saudara Muslim membela Masjid Al-Aqsa dari agresi Israel. "Melindungi Masjid Al Aqsa berarti melindungi Gereja Makam Suci dan Gereja Kelahiran, serta keberadaan Islam dan Kristen di Palestina," ucap dia.

Musallam menekankan Palestina telah menghadapi serangan agresif sejak pembentukan negara pendudukan. Masjid Al Aqsa adalah target simbolis yang diidentifikasi oleh Theodor Herzel, pendiri Gerakan Zionis.

Imam Palestina, yang bertugas di Yordania, Tepi Barat, dan Jalur Gaza sebelum pensiun ini lantas menyoroti pentingnya mobilisasi di jalan-jalan dan jalan menuju Yerusalem dan Masjid Al Aqsa. Dia juga menyerukan untuk mengorganisir pawai Islam-Kristen bersatu di semua kota-kota Palestina untuk bergerak menuju Yerusalem. Pawai ini juga untuk menegaskan kembali identitas Palestina mereka dan melawan rencana pendudukan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُوْلٍ حَسَنٍ وَّاَنْۢبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًاۖ وَّكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۗ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَۙ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا ۚ قَالَ يٰمَرْيَمُ اَنّٰى لَكِ هٰذَا ۗ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يَرْزُقُ مَنْ يَّشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ
Maka Dia (Allah) menerimanya dengan penerimaan yang baik, membesarkannya dengan pertumbuhan yang baik dan menyerahkan pemeliharaannya kepada Zakaria. Setiap kali Zakaria masuk menemuinya di mihrab (kamar khusus ibadah), dia dapati makanan di sisinya. Dia berkata, “Wahai Maryam! Dari mana ini engkau peroleh?” Dia (Maryam) menjawab, “Itu dari Allah.” Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.

(QS. Ali 'Imran ayat 37)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement