Rabu 28 Sep 2022 14:00 WIB

Menkeu Prancis Ganti Dasi dan Kemeja dengan Turtleneck demi Hemat Energi

Menkeu Prancis memilih turtleneck sebagai pakaian dinas demi hemat energi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire bersumpah untuk membuang dasi dan kemeja formalnya dan menggantinya dengan turtleneck demi  mengurangi penggunaan alat pemanas dan menghemat energi.
Foto: France 24
Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire bersumpah untuk membuang dasi dan kemeja formalnya dan menggantinya dengan turtleneck demi mengurangi penggunaan alat pemanas dan menghemat energi.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire bersumpah untuk membuang dasi dan kemeja formalnya pada Selasa (27/9/2022). Dia memilih pakaian dinas yang lebih hangat demi mengurangi penggunaan alat pemanas dan menghemat energi.

"Anda tidak akan lagi melihat saya dengan dasi tetapi dengan turtleneck. Saya pikir itu akan sangat bagus, itu akan memungkinkan kita untuk menghemat energi, untuk menunjukkan ketenangan," kata menteri itu kepada radio France Inter.

Baca Juga

Maire kemudian membagikan foto dirinya di Twitter dengan mengenakan turtleneck hitam. Dia mengatakan, kementeriannya yang berlokasi di Paris tidak akan mengaktifkan pemanas sampai suhu turun di bawah 19 derajat Celsius.

Menteri keuangan itu pun berharap dapat memberi contoh bagi warga Prancis lainnya yang telah diinstruksikan oleh pemerintah untuk menghemat energi. Pemerintah meminta para warga agar menghindari pemborosan energi yang tidak perlu.

Prancis memiliki nasib yang sama seperti negara-negara Eropa lainnya. Wilayah ini sedang menghadapi krisis energi dengan kenaikan harga listrik, gas, dan bahan bakar akibat konflik dengan Rusia.

Mayoritas rumah tangga, bisnis, dan otoritas kota di negara itu telah bergabung dengan langkah-langkah penghematan energi. Dikutip dari Anadolu Agency warga pun memutuskan untuk mematikan lampu hampir tengah malam di toko-toko dan gedung-gedung publik, ditambah dengan mengurangi pemanas dalam ruangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement