Rabu 28 Sep 2022 14:48 WIB

Ridwan Kamil Bantu Bocah SD yang Dibully Karena Kondisi Ekonominya

Rizki sering diejek temannya karena kerap memakai seragam yang sama berulangkali

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, memberikan perhatian pada Laael Rizki Ramadhan (11 tahun) anak SD korban perundungan oleh teman sekolahnya. (ilustrasi).
Foto: Antara
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, memberikan perhatian pada Laael Rizki Ramadhan (11 tahun) anak SD korban perundungan oleh teman sekolahnya. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, memberikan perhatian pada Laael Rizki Ramadhan (11 tahun) anak SD korban perundungan oleh teman sekolahnya. Ridwan Kamil bahkan mengundang langsung Rizki ke Gedung Sate bersama kedua orang tuanya, Selasa (26/9/2022).

Senyum sumringah terpancar dari raut wajah Rizki saat Ridwan Kamil memberikan peralatan sekolah baru untuknya. Ayah Rizki bernama Hendra dan ibunnya bernama Novi tak kuasa menahan air mata.

Baca Juga

Rizki yang bersekolah di salah satu SD di Baleendah, Kabupaten Bandung menjadi korban perundungan diejek teman sekolahnya karena korban seringkali memakai seragam yang sama berungkali karena tak memiliki seragam baru. Bahkan sepatu dan tas yang sering dipakainya itu merupakan pemberian dari orang lain.

Hendra sang ayah pun menangis mencurahkan kondisi ekonominya yang kesulitan. Dirinya sudah lama tak bekerja yang dulu hanya bekerja sebagai supir truk. "Kami sekeluarga dalam kesulitan ekonomi," ujar Hendra saat bertemu Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Emil pun saat memberikan bantuan kepada Rizki memberikan pesan agar Rizki tetap semangat untuk belajar dan terus bersekolah. Kepada Hendra, Kang Emil berjanji akan memberikan pekerjaan. "Saya kasih kerjaan, yang penting halal dan dapet penghasilan," kata Emil.

Selain itu, ibunya Rizki pun dijanjikan Emil akan dibuatkan tempat usaha untuk berjualan makanan disekitar rumahnya. Agar kedepannya bisa mendapatkan penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari.

Sementara menurut Koordinator Satgas Anti Perundungan JQR Rini Marlina, kasus-kasus perundungan yang terjadi di Jawa Barat senantiasa mendapatkan atensi khusus dari Gubernur. Termasuk pembentukan tim satgas khusus JQR untuk menangani kejadian perundungan.

"Program ini langsung atensi dari Bapak Gubernur Ridwan Kamil, nantinya akan melaksanakan mulai dari advokasi, edukasi dan konseling. Kedepannya kami juga bersama Disdik Jabar akan melakukan sosialisasi kepada sekolah-sekolah yang juga akan turut melibatkan guru-guru BP se-Jawa Barat," kata Rini.

Rini berharap kejadian perundungan yang marak terjadi di Jawa Barat ini tidak terulang kembali dan menjadi perhatian khusus untuk para guru dan orangtua. Menurut Rini sampai saat ini JQR terus mendapatkan laporan perihal perundungan dari masyarakat.

"Sejak 2019 JQR telah merespons aduan yang berkaitan dengan kasus perundungan, dengan banyaknya aduan yang masuk maka akan kita respon dengan sangat serius," katanya.

Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr Siska Gerfianti mendukung penuh pembentukan satgas anti perundungan. Kini, bersama JQR pihaknya tengah membuat formula kolaborasi untuk efektivitas satgas.

"Gagasan Gubernur untuk satgas antiperundungan akan kita dukung secara maksimal,   kita akan kolaborasi dengan dinas terkait serta pihak yang konsen dengan masalah perundungan dari mulai pendampingan, medis hingga jika terjadi kemungkinan timbul masalah hukum," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement