Rabu 28 Sep 2022 20:33 WIB

Febri Diansyah Mengaku tak akan Membabi Buta Bela Putri Candrawathi

Putri dan Sambo siap bertanggung jawab dalam sidang yang objektif.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ilham Tirta
Febri Diansyah.
Foto: Republika/Dian Fath Risalah
Febri Diansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah memastikan dirinya akan membela istri eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi secara objektif. Febri pun menegaskan, tidak bakal melakukan pembelaan dengan membabi buta.

"Saya telah menyampaikan secara terang bahwa pendampingan hukum yang akan dilakukan bersama tim adalah pendampingan hukum secara objektif, tidak membabi-buta, tidak menyalahkan yang benar dan tidak membenarkan yang salah," kata Febri dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga

Febri menjelaskan, alasannya bersedia membela Putri dengan mempertimbangkan aspek objektif. "Sebagai advokat saya menerima permintaan menjadi kuasa hukum dan berkomitmen untuk mendampingi hak tersangka dalam perkara ini secara objektif," jelas dia.

Febri mengungkapkan, ia bersama mantan pegawai KPK, Rasamala Aritonang yang juga ditunjuk menjadi kuasa hukum Ferdy Sambo telah menemui kliennya dan Sambo. Dia serta Rasamala sudah menyatakan bersedia membela keduanya dengan syarat harus dilakukan secara objektif.

"Saat itu Pak Ferdy Sambo menyanggupi dan bahkan menegaskan bahwa ia mengakui sejumlah perbuatan yang dilakukan dan siap mempertanggungjawabkannya dalam proses hukum yang objektif dan berimbang," kata Febri. Ferdy Sambo, kata dia, menyesali berada dalam kondisi yang sangat emosional saat itu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ اَنْ يَّفْتِنُوْكَ عَنْۢ بَعْضِ مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ اِلَيْكَۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمْ اَنَّمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ اَنْ يُّصِيْبَهُمْ بِبَعْضِ ذُنُوْبِهِمْ ۗوَاِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ النَّاسِ لَفٰسِقُوْنَ
dan hendaklah engkau memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka. Dan waspadalah terhadap mereka, jangan sampai mereka memperdayakan engkau terhadap sebagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah berkehendak menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebagian dosa-dosa mereka. Dan sungguh, kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.

(QS. Al-Ma'idah ayat 49)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement