Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

6 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tahun Ini, 7 Dosen UPI Dapat Pendanaan Program Kedaireka Miliaran

Rabu 28 Sep 2022 17:51 WIB

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad

Menurut Kepala Humas UPI, Prof Dr Deni Darmawan, M.Si., M.Kom, pada 2022 ini, proposal yang diajukan oleh dosen UPI sebanyak 45 pengusul proposal. Namun, yang lolos didanai program Matching Fund sebanyak 7 pengusul proposal.

Menurut Kepala Humas UPI, Prof Dr Deni Darmawan, M.Si., M.Kom, pada 2022 ini, proposal yang diajukan oleh dosen UPI sebanyak 45 pengusul proposal. Namun, yang lolos didanai program Matching Fund sebanyak 7 pengusul proposal.

Foto: istimewa
Program Matching fund Kedaireka Kemdikbudristek mendorong inovasi dan perubahan UPI

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Program Matching Fund Kedaireka UPI Mendorong Ekosistem Kolaborasi Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) lebih baik. Menurut Kepala Humas UPI, Prof Dr Deni Darmawan, M.Si., M.Kom, pada 2022 ini, proposal yang diajukan oleh dosen UPI sebanyak 45 pengusul proposal. Namun, yang lolos didanai program Matching Fund sebanyak 7 pengusul proposal. "Nilai total dana yang didapat sebesar Rp 2.163.547.616,00," ujar Prof Deni, Rabu (28/9/2022).

Pada 2022 ini, kata dia, sebanyak 7 dosen pengusul proposal yang lolos seleksi dan mendapatkan pendanaan Program Matching fund Kedaireka Tahun 2022.  Sementara Tahun 2021 lalu, kata dia, UPI berhasil lolos seleksi dan mendapatkan pendanaan program Program Matching fund Kedaireka dengan capaian 4 proposal dari 6 proposal yang diusulkan dengan dana keseluruhan sebesar Rp 8.419.161.000. 

Baca Juga

Deni menjelaskan, tahun 2021, dirinya yang merupakan dosen Fakultas Ilmu Pendidikan lolos seleksi dan meraih pendanaan Program Matching Fund Kedaireka dengan judul VCDLN (Virtual Community Digital Learning Nusantara) yang berhasil memberikan manfaat secara langsung.

Bahkan, kata dia, bisa memberikan dampak secara luas bagi masyarakat di Jawa Barat serta Masyarakat di Indonesia rangka mewujudkan tujuan dan fungsi pendidikan nasional.

Karena, kata dia, penelitian inovasi dan kolaborasi kedaireka VCDLN (Virtual Community Digital Learning Nusantara) TVUPI ini telah dipublikasikan oleh Garuda TV di saluran 32 UHF, Frekuensi 562 Mhz yang tayang setiap hari pada pukul 14.00 sampai pukul 19.00.

Selain itu, kata dia, VCDLN TVUPI ini telah menghasilkan sistem, aplikasi dan produk video pembelajaran lebih dari 100 video yang bermanfaat bagi peningkatan kompetensi, kualitas dan kesejahteraan guru sebagai mitra konten kreator serta memberikan manfaat bagi oranng tua dan siswa SD, SMP, SMA/SMK. Terutama, dalam memberikan alternatif pendidikan, pembelajaran serta pembelajaran jarak jauh yang bisa diakses secara gratis tanpa kuota internet bagi masyarakat setelah pulang jam sekolah. 

Menurutnya, program Matching fund Kedaireka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia (RI) berhasil mendorong inovasi dan perubahan dilingkungan UPI yang adaptif dan responsive dalam rangka percepatan, peningkatan dan penguatan daya saing SDM, tata kelola kelembagaan serta berdampak nyata terhadap lingkungan masyarakat. 

Selain itu, kata dia, Program Matching fund Kedaireka mendorong terbentuknya ekosistem kolaborasi yang lebih erat dan terakselerasi antara perguruan tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan media untuk mengembangkan konektivitas pengembangan ilmu dan teknologi. 

Tujuan Matching fund Kedaireka ini untuk membuka wadah kolaborasi agar proses invensi, inovasi, dapat bergerak lebih cepat ke sebuah produk yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas. 

Selain itu, Matching fund Kedaireka diprioritaskan untuk kemitraan yang diharapkan memiliki dampak terhadap 8 IKU pada kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile