Kamis 29 Sep 2022 00:51 WIB

Tahun Ini, 7 Dosen UPI Dapat Pendanaan Program Kedaireka Miliaran

Program Matching fund Kedaireka Kemdikbudristek mendorong inovasi dan perubahan UPI

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Menurut Kepala Humas UPI, Prof Dr Deni Darmawan, M.Si., M.Kom, pada 2022 ini, proposal yang diajukan oleh dosen UPI sebanyak 45 pengusul proposal. Namun, yang lolos didanai program Matching Fund sebanyak 7 pengusul proposal.
Foto: istimewa
Menurut Kepala Humas UPI, Prof Dr Deni Darmawan, M.Si., M.Kom, pada 2022 ini, proposal yang diajukan oleh dosen UPI sebanyak 45 pengusul proposal. Namun, yang lolos didanai program Matching Fund sebanyak 7 pengusul proposal.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Program Matching Fund Kedaireka UPI Mendorong Ekosistem Kolaborasi Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) lebih baik. Menurut Kepala Humas UPI, Prof Dr Deni Darmawan, M.Si., M.Kom, pada 2022 ini, proposal yang diajukan oleh dosen UPI sebanyak 45 pengusul proposal. Namun, yang lolos didanai program Matching Fund sebanyak 7 pengusul proposal. "Nilai total dana yang didapat sebesar Rp 2.163.547.616,00," ujar Prof Deni, Rabu (28/9/2022).

Pada 2022 ini, kata dia, sebanyak 7 dosen pengusul proposal yang lolos seleksi dan mendapatkan pendanaan Program Matching fund Kedaireka Tahun 2022.  Sementara Tahun 2021 lalu, kata dia, UPI berhasil lolos seleksi dan mendapatkan pendanaan program Program Matching fund Kedaireka dengan capaian 4 proposal dari 6 proposal yang diusulkan dengan dana keseluruhan sebesar Rp 8.419.161.000. 

Baca Juga

Deni menjelaskan, tahun 2021, dirinya yang merupakan dosen Fakultas Ilmu Pendidikan lolos seleksi dan meraih pendanaan Program Matching Fund Kedaireka dengan judul VCDLN (Virtual Community Digital Learning Nusantara) yang berhasil memberikan manfaat secara langsung.

Bahkan, kata dia, bisa memberikan dampak secara luas bagi masyarakat di Jawa Barat serta Masyarakat di Indonesia rangka mewujudkan tujuan dan fungsi pendidikan nasional.

Karena, kata dia, penelitian inovasi dan kolaborasi kedaireka VCDLN (Virtual Community Digital Learning Nusantara) TVUPI ini telah dipublikasikan oleh Garuda TV di saluran 32 UHF, Frekuensi 562 Mhz yang tayang setiap hari pada pukul 14.00 sampai pukul 19.00.

Selain itu, kata dia, VCDLN TVUPI ini telah menghasilkan sistem, aplikasi dan produk video pembelajaran lebih dari 100 video yang bermanfaat bagi peningkatan kompetensi, kualitas dan kesejahteraan guru sebagai mitra konten kreator serta memberikan manfaat bagi oranng tua dan siswa SD, SMP, SMA/SMK. Terutama, dalam memberikan alternatif pendidikan, pembelajaran serta pembelajaran jarak jauh yang bisa diakses secara gratis tanpa kuota internet bagi masyarakat setelah pulang jam sekolah. 

Menurutnya, program Matching fund Kedaireka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia (RI) berhasil mendorong inovasi dan perubahan dilingkungan UPI yang adaptif dan responsive dalam rangka percepatan, peningkatan dan penguatan daya saing SDM, tata kelola kelembagaan serta berdampak nyata terhadap lingkungan masyarakat. 

Selain itu, kata dia, Program Matching fund Kedaireka mendorong terbentuknya ekosistem kolaborasi yang lebih erat dan terakselerasi antara perguruan tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan media untuk mengembangkan konektivitas pengembangan ilmu dan teknologi. 

Tujuan Matching fund Kedaireka ini untuk membuka wadah kolaborasi agar proses invensi, inovasi, dapat bergerak lebih cepat ke sebuah produk yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas. 

Selain itu, Matching fund Kedaireka diprioritaskan untuk kemitraan yang diharapkan memiliki dampak terhadap 8 IKU pada kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَّذِيْنَ يَحْمِلُوْنَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهٗ يُسَبِّحُوْنَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُوْنَ بِهٖ وَيَسْتَغْفِرُوْنَ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْاۚ رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَّعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِيْنَ تَابُوْا وَاتَّبَعُوْا سَبِيْلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيْمِ
(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka yang menyala-nyala.

(QS. Gafir ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement