Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

3 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

5 Tempat Primadona yang Wajib Dikunjungi Wisatawan ke Sakarya Turki

Rabu 28 Sep 2022 19:03 WIB

Rep: Hidayah Hariani/ Red: Partner

.

.

Kota Sakarya merupakan salah satu kota besar yang berada antara kota stanbul dan Ankara, Ankara-Istanbul Highway. Kota dengan alam yang terbentang luas ini memiliki danau, sungai dan bukit yang seolah-olah membentengi kota ini. Luas permukaan kota S

Yaya

Sobat, soal tentang sejarah siapa penakluk Konstantinopel, sudah pasti tau la ya? Atau jika mendengar kata gereja Ayasofya? Yap, sang penakluk ialah Sultan Muhammad Al-Fatih dan Ayasofya adalah gerejanya negara konstatinopel yang sekarang menjadi pusat wisata di negara Turki, tepatnya kota Istanbul.

Nah, setelah itu pernah dengar gak sih ada namanya kota Sakarya? Di mana sih kota Sakarya itu? Demi menjawab rasa penasaran pembaca dan mungkin diantara pembaca adalah kamu sang penjelajah itu , maka dengan tulisan ini akan saya paparkan satu per satu dan semoga menjadi undangan untuk para penjelajah agar berkunjung.

Kota Sakarya merupakan salah satu kota besar yang berada antara kota İstanbul dan Ankara, Ankara-Istanbul Highway. Kota dengan alam yang terbentang luas ini memiliki danau, sungai dan bukit yang seolah-olah membentengi kota ini. Luas permukaan kota Sakarya 482,109,70 hektar dan 932,206 penduduk sebagai penghuni kota Sakarya yang tersebar di 16 daerah seperti Adapazari, Akyazi, Arifiye, Erenler, Ferizli, Geyve, Hendek, Karapürçek, Karasu, Kaynarca, Kocaali, Pamukova, Sapanca, Serdivan, Sogutlu dan Taraklı.

Berbeda dari Istanbul yang menawarkan wisata melalui peninggalan sejarah, Sakarya menawarkan dan memanjakan mata melalui keindahan dan keasrian alamnya yang terbentang. Tempat yang cocok untuk piknik bersama keluarga ataupun orang terkasih dan menghilangkan stres dari kehidupan kota yang sumpek. Berikut list wisata alam yang menjadi primadona di kota Sakarya.

hidayah hariani

1.      Çark Caddesi (Kent Park)

Çark caddesi merupakan salah satu taman rekreasi dan juga jantung dari pusat keramaian kota Sakarya. Sama halnya dengan Istiklal Caddesi di Istanbul. Çark Caddesi juga bisa dikunjungi 7/24 jam. Pemandangan hilir mudik keramaian, dalam taman yang asri nan indah ini selain cocok untuk piknik keluarga, menghadirkan peninggalan sejarah berupa kincir angin tua (Tarih Çark) dan kincir air tua (Çark Daresi). Tempat ini juga dikeliligi restoran dengan menu lokal yang lezat, menjadi daya tarik dari tempat ini. Rasanya kurang jika tidak mampir dan bersantai ditaman kota satu ini.

2.      Orman Park

Hutan dalam kota menjadi tawaran dari tempat wisata satu ini, bukan sekedar hutan saja yang mereka tawarkan, kita bisa melakukan jalan santai ataupun jogging dan olahraga didalamnya. Tempat ini menyediakan banyak fasilitas, termasuk bila lelah dengan kegiatan sebelumnya tempat ini sangat cocok untuk merelaksasikan dan melepaskan penat setelah sibuk seharian. Orman Park atau dikenal dengan Taman Hutan ini juga menyediakan cafe dan restoran dengan menü hidangan yang lezat. Pohon-pohon tinggi menjulang ditanam dengan rapih seolah olah kita merasakan hutan sebenarnya. Kalian harus coba kesini, tidak ada bayar uang maşuk sama sekali!

3.      Ormanya Doğal Yaşam Parkı

Hutan yang dalam pengawasan pemerintah ini dijaga dan di olah menjadi salah satu tempat rekreasi piknik. Tempatnya hanya berjarak 26 Km dari pusat kota Sakarya dan luas daerah hijau ini sekitar 4000 m2 . selain adanya lahan untuk piknik dan karavan Ormanya Parkı juga menawarkan banya spot foto terbaik seperti rumah hobit, danau tersembunyi , dan juga kebun binatang.

yaya

4.      Gölü (Danau)

Ada banyak pilihan Göl(Danau) di Sakarya seperti Sakarya Göl Park yang tempatnya tidak jauh dari Sakarya university, Poyrazlar Gölü bisa ditempuh menggunakan angkutan umum dengan harga yang sesuai di kantong, juga Sapanca Gölü pun menjadi salah satu danau yang dapat dipandang langsung dari kampus Sakarya university.

5.      Parasüt Tepe

Merupakan salah satu primadona di bidang penawaran keindahan alam Sakarya. Tempatnya yang berada tidak jauh dari pusat kota ini bisa dijangkau dengan menggunakan ankutan umum saja.lokasinya yang tinggi diatas bukit(tepe) dapat memanjakan mata pengunjungnya dengan hamparan kota Sakarya. Tempat ini bisa di kunjingi disemua musim. Paling menarik mengunjunginya di malam musim dingin, memandagi indahnya hamparan bintang dan kerlap kerlip kota dengan hangatnya api unggun. Dan siang menjelang söre di musim panas dan gugur karena akan ada atlit paraşüt yang berlatih dan juga memberikan penawaran terbang bersama pengunjung dengan memberi tip kisaran 500tl setelah inflasi di Turki.

sumber : https://studyfans.com/en/details/606/Sakarya-University

6.      Sakarya Üniversitesi

Yap tidak tertinggal tempat para pelajar jenjang perguruan tinggi menuntut ilmu ini bisa juga menjadi salah satu tujuan ketika berkunjung ke kota Sakarya. Dengan total seluruh pelajar dan personil kampus mencapai 85.000. Kampus ini juga berada di atas kaki bukit pemandangan danau luas yang disebut danau Sapanca. Suasana kampusnya pun asri cocok untuk para pelajar bahkan mahasisiwa lebih sering bersantai ditaman-taman saaat jam istirahat tiba. (Arrijal Abdul Malik A.)

sumber : https://kabarturki.republika.co.id/posts/180053/5-tempat-primadona-yang-wajib-dikunjungi-wisatawan-ke-sakarya-turki
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile