Kamis 29 Sep 2022 09:06 WIB

Komunitas Muslim di Mumbai Promosikan Islam Agama Damai

Kampanye ini dinamakan “Kampanye Nabi untuk Semua"

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Muslim India
Foto: AP
Muslim India

REPUBLIKA.CO.ID,MUMBAI–Sejumlah organisasi dan kelompok Muslim di Mumbai meluncurkan kampanye baru untuk menyebarkan ajaran dan dakwah Nabi Muhammad SAW. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meluruskan kesalahpahaman tentang Islam.

Kampanye yang dinamakan “Kampanye Nabi untuk Semua" inisiatif ini akan melibatkan partisipasi dari berbagai masjid, madrasah, sekolah atau perguruan tinggi yang dikelola Muslim. Termasuk juga LSM, organisasi sosial dan budaya, dan entitas lainnya.

Baca Juga

“Kami hanya ingin membawa pesan cinta, kedamaian, dan persaudaraan Nabi kepada semua saudara non-Muslim kami untuk pemahaman yang lebih baik tentang Islam dan para pengikutnya,” kata pembawa obor Kampanye Adv. Yusuf Abrahani, yang juga Presiden Islam Gymkhana dilansir dari About Islam, Senin (26/9/2022).

Kemanusiaan pada umumnya

Selain sabda Nabi untuk kemanusiaan, kampanye tersebut akan berwawasan lingkungan, hemat air, kasih sayang kepada fakir miskin, dhuafa, anak yatim, pekerja atau perempuan. “Ada sekitar 500 masjid di Mumbai, hampir 400 sekolah dan 20 perguruan tinggi dalam kampanye tersebut,” kata Aamir Edresy, presiden Asosiasi Profesional Muslim (AMP).

“Kami mengirimkan seruan melalui para siswa kepada keluarga mereka untuk berpartisipasi dalam kampanye, mengundang setidaknya lima penduduk setempat atau tetangga ke rumah mereka untuk makan pada 9 Oktober, dan mencoba menyampaikan pesan Nabi, dengan permohonan serupa bahkan di media sosial " tambah Edresy memberi tahu IANS.

Alquran memberikan banyak contoh tentang karakter mulia Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah ayat di bawah ini

وَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَٰلَمِينَ

Artinya: "Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam." (QS. Al Anbiya: 107).

Awal tahun ini, Dewan Tetua Muslim meluncurkan kampanye baru yang menyoroti pesan perdamaian dan cinta kemanusiaan Nabi Muhammad yang toleran.

Kampanye #Prophet_of_Humanity menampilkan berbagai ulama senior Islam dan deskripsi mereka tentang Nabi Islam (SAW) kepada dunia.

Nabi Muhammad (saw) diutus oleh Allah SWT sebagai rahmat bagi semua orang tanpa memandang ras atau keyakinan. Sebagai umat Islam mengantisipasi bulan Rabi-al-Awwal, bulan kelahiran Nabi Muhammad (SAW). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement