Kamis 29 Sep 2022 10:16 WIB

Dikunjungi Presiden, Start-up Ini Kasih Solusi Terhadap Isu Ketahanan Pangan

Pertamina mengusung lima start-up jebolan Pertamuda 2021 di ajang BUMN Start Up Day.

Red: Christiyaningsih
Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat mengunjungi booth Chickin.
Foto: Biro Setpres
Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat mengunjungi booth Chickin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bangga, demikian yang dirasakan Tubagus Syailendra, CEO Chickin saat booth Chickinnya dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo  usai membuka kegiatan BUMN Start Up Day di ICE BSD didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Kompleks Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, Senin (26/9/2022). Chickin adalah  start up jebolan Kompetisi Ide Bisnis Mahasiswa Pertamuda (Pertamina Muda) 2021.

“Kami sangat antusias Pak Jokowi memberikan perhatian terhadap isu ketahanan pangan. Pemerintah diharapkan bisa berkolaborasi dengan kami dalam menjaga harga pasar agar tetap stabil melalui rekomendasi data input yang kami dapatkan di lapangan untuk pengambilan kebijakan, sehingga supply and demand nasional lebih terukur dan terjaga dari fluktuasi yang terjadi,” ungkap Tubagus. 

Baca Juga

Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya Satyamurti Poerwadi atau kerap di sapa Tyo menyampaikan Chickin merupakan start up yang dibina oleh Pertamina di bidang solusi teknologi peternakan ayam berbasis Internet of Things (IoT). Chickin Indonesia bergerak sebagai perusahaan teknologi peternakan dan distribusi daging yang memiliki dua produk unggulan yaitu Chickin Smart Farm dan Chickin Fresh dengan menggunakan software as a service (SaaS) dan hardware untuk mengontrol cuaca, serta energy meter yang dapat meningkatkan produktivitas penghasilan peternak hingga efisiensi budidaya. 

“Sehingga dengan teknologi ini, diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi sehingga pemenuhan pasokan daging ayam menjadi lebih inklusif dan berkelanjutan,” ujar Tyo.

PT Pertamina (Persero) mengusung lima start up jebolan Pertamuda 2021 di ajang BUMN Start Up Day. Selain Chickin, empat tim start up yang lain seperti Tekpang, Analitica, Biojel, dan Pottani. Beberapa di antaranya mendapatkan peluang kerja sama dari BUMN lain. Tekpang, yang merintis bisnis di bidang pupuk nitrat ramah lingkungan, berhasil menarik perhatian dan mendapatkan peluang kerja sama dari PT Pupuk Indonesia dan PT Perkebunan Nasional.

Sementara Analitica, yang merupakan gabungan mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya dan merintis platform edukasi dan try out online khusus untuk persiapan ujian, mengaku mendapatkan peluang kerja sama dengan Telkomsel. Pottani merupakan platform digital di sektor budidaya agrokomplek di Indonesia. Sedangkan Biojel merintis bisnis di bidang pengelolaan larva dan minyak jelantah sebagai alternatif energi terbarukan dengan membawa maggot atau larva hidup.

Pertamina mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s dan ESG) khusus di poin 4 yakni pendidikan yang berkualitas bagi seluruh warga negara Indonesia dan poin 8 dalam menciptakan lapangan dan kesempatan kerja, dan berdampak signifikan bagi upaya mengentaskan kemiskinan. “Kita akan terus mendukung tumbuhnya start up yang berpotensi besar menghidupkan roda perekonomian nasional yang berkelanjutan,” pungkas Tyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement