Kamis 29 Sep 2022 13:20 WIB

Stam Sebut Ten Hag Kecewa karena Belum Bisa Bereuni dengan De Jong di MU

Ten Hag butuh De Jong untuk menjadi motor permainan MU.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih Reading, Jaap Stam.
Foto: EPA/Marco Rossi
Pelatih Reading, Jaap Stam.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan bek Manchester United, Jaap Stam berharap eks klubnya tidak berhenti berusaha mengejar Frenkie de Jong. Saat ini De Jong masih di Barcelona.

Pekan lalu, ia menegaskan  selalu ingin bertahan di Barca. Stam meyakini, pelatih United, Erik ten Hag dihantui kekecewaan karena tak mampu mendatangkan eks pemainnya. Ten Hag sangat ingin bereuni dengan De Jong di Old Trafford.

Sebelumnya, dua sosok tersebut pernah bersama di Ajax Amsterdam. Mereka meraih berbagai kesuksesan. De Joden bahkan melaju ke semifinal Liga Champions musim 2018/19.

"Itu mungkin kekecewaan besar (bagi Ten Hag), karena Frenkie pemain kelas dunia. Dia perlu mengisi posisi itu dengan pemain berbeda," kata Stam, dikutip dari tribal football, Kamis (29/9).

Tak bisa dimungkiri, Ten Hag butuh De Jong untuk menjadi motor permainan timnya. Sehingga, pendekatannya bisa berjalan lancar. Namun, karena tak ada kesepakatan yang tercapai, sang arsitek memaksimalkan apa yang ada.

Menurut Stam, sejauh ini, fleksibilitas taktik Ten Hag di United berjalan lancar. Para gelandang yang diturunkan bertugas dengan baik. Entah itu Scott McTominay, Christian Eriksen, serta Bruno Fernandes.

Itu belum terhitung Casemiro. Pria Brasil ini dalam proses adaptasi. Maklum ia baru saja bergabung dengan MU setelah bertahun-tahun membela Real Madrid.

Namun, tetap saja, kehadiran De Jong dibutuhkan. Tidak mungkin selamanya Ten Hag meminta pasukannya bermain dengan serangan balik. Dalam kondisi ideal, ia selalu menuntut timnya mendominasi pertandingan.

Itu ia lakukan selama di Ajax. Oleh karena itu, sang juru taktik butuh metronom yang mengetahui ide-idenya, sehingga bisa ditularkan secara masif ke seluruh penggawa setan merah.

"Itu sangat penting bagi pelatih. Jika anda ingin bermain dengan cara tertentu, Anda harus memiliki pemain yang dapat beradaptasi dengan sistem," ujar Stam.

Menarik dinantikan apakah United akan kembali mengajukan penawaran untuk De Jong pada bursa transfer Januari 2023. Menurut Stam, itu tergantung pada situasi MU dan sang pemain, dalam beberapa bulan ke depan.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement