Kamis 29 Sep 2022 14:58 WIB

Perluas QUBE demi Cetak 10 Juta Penghafal Alquran

Perluasan program QUBE dilakukan hingga 2024

Red: A.Syalaby Ichsan
Program QUBE Askar Kauny
Foto: Dok Askar Kauny
Program QUBE Askar Kauny

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Askar Kauny Foundation memperluas wilayah jangkauan program QUBE alias Quran Berjalan. Kali ini, sasarannya tidak hanya wilayah Jabodetabek melainkan wilayah Jawa Barat, khususnya Bandung. 

Ketua Askar Kauny Foundation Endah Widyanti mengungkapkan, perluasan jangkauan dari program QUBE dilakukan demi mencetak 10.000.000 penghafal Alquran dalam kurun waktu tiga tahun ke depan atau hingga 2024.

Menurut Endah, perluasan ini dinilai sebagai langkah penting demi membumikan Al-Quran ke banyak wilayah yang tidak terjangkau, terutama dari kalangan menengah ke bawah yang belum tersentuh dakwah Alquran.  "Banyak dari saudara kita belum tersentuh dengan dakwah Al-Quran khususnya Metode Kauny. Maka dari itu, kami rasa perlu untuk meluaskan lagi jangkauan program ini tidak hanya di Jabodetabek," ujar Endah lewat keterangan tertulis kepada Republika.co.id.

Salah satu wilayah yang dikunjungi QUBE adalah sebuah mushola di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat. Lokasi ini dipilih lantaran masih banyaknya anak-anak yatim dan dhuafa yang belum mengenyam pendidikan Alquran dan agama yang memadai. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kauny Quran (@kaunyquran)

"Program QUBE menjangkau salah satu musholla tersebut karena di sini ada sekitar 20 anak-anak yang biasa mengaji dan belajar Alquran setiap Kamis dan Ahad, tapi mereka belum maksimal dan alat tulis bacanya belum memadai maka dari itu kami kenalkan (Metode Kauny) lewat QUBE ini. Belum lagi mereka seringkali dilarang oleh sebagian orang tua untuk belajar ngaji," kata Tim Program Askar Kauny Foundation Khisnul Khasanah. 

Diketahui, Askar Kauny Foundation meluncurkan Quran Berjalan (QUBE) bertepatan dengan peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, 17 Agustus 2022 lalu, bersama 70-an sahabat pencinta Al-Quran, Komunitas Kolong Jembatan Cilincing, Jakarta Utara. QUBE dihadirkan untuk membumikan Alquran ke seluruh pelosok negeri. 

"Kami juga mengajak masyarakat dan pecinta Al-Quran untuk bisa berkontribusi meluaskan manfaat dakwah Alquran bersama QUBE ini dengan sedekah terbaik yang bisa Sahabat Quran salurkan melalui berbagai channel donasi kami salah satunya website dan Instagram Askar Kauny,"jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement