Kamis 29 Sep 2022 17:26 WIB

Delapan Tim Berebut Tiket ke FIBA 3x3 World Tour di Hong Kong

FIBA 3x3 World Tour Hong Kong Masters akan diselenggarakan pada 26-27 November.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pertandingan IBL 3x3 Gojek di Solo yang disambut antusias warga setempat.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Pertandingan IBL 3x3 Gojek di Solo yang disambut antusias warga setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022 sudah memasuki tahap akhir. Dari empat seri penyelenggaraan yang sudah dilalui, ada delapan tim tertinggi dari 15 kontestan di kategori Elite. 

Mereka akan bertemu di babak Grand Final di Bintaro Jaya XChange Mall, Tangerang pada 1-2 September 2022. Di sini, kedelapan tim akan bertanding untuk memperebutkan gelar juara, sekaligus tiket ke FIBA 3x3 World Tour Hong Kong Masters. 

Baca Juga

Di ranah 3x3, IBL Gojek 3x3 ini bisa dikatakan sebagai turnamen Quest. Turnamen yang bisa membuka jalan bagi tim di salah satu negara untuk masuk ke FIBA 3x3 World Tour, yang menjadi ajang 3x3 profesional dunia. Nantinya mereka punya kesempatan untuk bertanding dengan tim-tim 3x3 prifesional dari seluruh dunia yang setiap tahunnya digelar di berbagai negara. Namun sebelum mendapatkan kesempatan tersebut, mereka terlebih dahulu harus berjuang untuk menjadi pemenang. 

Sebagai babak penyisihan, IBL Gojek 3x3 digelar di Bali, Yogyakarta, Surabaya, dan Solo. Dari semua penyelenggaran tersebut, nantinya dipilih 8 tim yang masuk ke Grand Final di Tangerang. Penentuan rangking tim ini berdasarkan Tour Standing yang dihitung sesuai dengan FIBA 3x3 Tour Set-up Guide. Kemudian setelah melewati empat seri maka IBL Gojek 3x3 sudah memiliki delapan tim yang menduduki posisi atas klasemen. 

Tim nomor satu atau puncak klasemen ada Satria Muda Pertamina Jakarta. Mereka berhasil mengumpulkan 370 poin. Karena mereka menjadi juara tiga kali dari empat penyelenggaraan babak penyisihan. Bima Perkasa menyusul di belakangnya karena dua kali jadi runner up, dan mengumpulkan 275 poin. Kemudian di posisi ketiga ada Bali United dengan jumlah poin 225. 

Bumi Borneo Pontianak melejit ke posisi keempat setelah mereka berhasil menjadi finalis di seri Solo. Mereka mengumpulkan 205 poin. RANS PIK Basketball yang selalu tampil bagus di babak penyisihan ada di peringkat kelima. RANS harus memperbaiki penampilan, karena mereka gagal di babak Playoffs. RANS mengumpulkan 186 poin. Kemudian Pacific Caesar Surabaya ada di peringkat ke-6 dengan 172 poin. 

Satya Wacana Salatiga mengisi peringkat ke-7 dengan 165 poin. Sedangkan yang terakhir ada Prawira Bandung yang mengumpulkan poin 164. Prawira memang sempat menjadi juara di seri Yogyakarta. Tapi di tiga penyelenggaraan seri lainnya, mereka kurang bagus. Sehingga hanya poin di Yogyakarta saja yang berhasil membuat mereka lolos ke Grand Final. 

Untuk FIBA 3x3 World Tour Hong Kong Masters sendiri akan diselenggarakan pada 26-27 November 2022. Jadi pemenangnya punya waktu sekitar dua bulan untuk mempersiapkan diri.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَسِيْقَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِلٰى جَهَنَّمَ زُمَرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا جَاۤءُوْهَا فُتِحَتْ اَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَآ اَلَمْ يَأْتِكُمْ رُسُلٌ مِّنْكُمْ يَتْلُوْنَ عَلَيْكُمْ اٰيٰتِ رَبِّكُمْ وَيُنْذِرُوْنَكُمْ لِقَاۤءَ يَوْمِكُمْ هٰذَا ۗقَالُوْا بَلٰى وَلٰكِنْ حَقَّتْ كَلِمَةُ الْعَذَابِ عَلَى الْكٰفِرِيْنَ
Orang-orang yang kafir digiring ke neraka Jahanam secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (neraka) pintu-pintunya dibukakan dan penjaga-penjaga berkata kepada mereka, “Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul dari kalangan kamu yang membacakan ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan (dengan) harimu ini?” Mereka menjawab, “Benar, ada,” tetapi ketetapan azab pasti berlaku terhadap orang-orang kafir.

(QS. Az-Zumar ayat 71)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement