Kamis 29 Sep 2022 21:33 WIB

Stadion Giuseppe Meazza Dipastikan akan Dihancurkan

Padahal stadion di San Siro itu menyimpan sejuta kisah.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Suporter AC Milan melakukan koreografi sebelum pertandingan sepak bola Serie A Italia antara AC Milan dan FC Inter Milan di stadion Giuseppe Meazza di Milan, Italia, 03 September 2022.
Foto: EPA-EFE/ROBERTO BREGANI
Suporter AC Milan melakukan koreografi sebelum pertandingan sepak bola Serie A Italia antara AC Milan dan FC Inter Milan di stadion Giuseppe Meazza di Milan, Italia, 03 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Langkah penting menuju pembongkaran stadion ikonik, Giuseppe Meazza akan dimulai pada Rabu ketika Milan menjadi tuan rumah pertama dari serangkaian pertemuan dengan publik yang diperlukan untuk pembangunan stadion baru yang diusulkan oleh dua raksasa sepak bola kota itu.

AC Milan dan Inter Milan sama-sama bersikeras bahwa mereka tidak bisa lagi tinggal di San Siro, markas mereka saat ini dan telah menyusun rencana untuk membuka lahan baru berkapasitas 60 riby yang diapit oleh fasilitas olahraga dan rekreasi di situs yang sama, yang akan direnovasi total.

Baca Juga

Jika dilanjutkan, proyek ini dijadwalkan akan selesai pada tahun 2030, dengan 1,3 miliar euro diinvestasikan bersama dalam pengembangan oleh kedua klub, yang mengatakan mereka tidak mampu membangun lahan baru yang terpisah dan membutuhkan peningkatan pendapatan untuk mewujudkan proyek ini.

Lebih dari tiga tahun setelah mempresentasikan proyek awal mereka, publik sekarang dapat memeriksanya dan memberikan pendapat mereka pada 10 pertemuan yang diadakan selama sebulan. Setelah itu laporan akan dipresentasikan ke kota oleh penyelenggara independen dalam pertemuan pada pertengahan November.

Mengutip dari RFI, Kamis (29/9/2022), kota kemudian dapat memutuskan apakah akan menuntut perubahan lebih lanjut pada proyek yang telah dipotong pembangunannya menjadi seluas 50 ribu meter persegi sejak pertama kali diusulkan, atau dilanjutkan dengan persetujuan.

Proyek ini dibagi menjadi dua bagian utama, yakni pembangunan stadion baru di area tepat di sebelah barat San Siro yang saat ini ditempati oleh parkir mobil dan taman lokal, yang diharapkan oleh klub untuk dapat selesai pada September 2027.

Setelah itu dibangun stadion saat ini, yang akan menjadi tuan rumah upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2026, kemudian akan dihancurkan sebelum fasilitas baru -- termasuk pusat perbelanjaan, konvensi dan olahraga, dibangun di sekitar taman umum baru.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement