Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

6 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Besok, Putin akan Resmi Aneksasi Empat Wilayah Ukraina

Kamis 29 Sep 2022 13:53 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah

 Presiden Rusia Vladimir Putin.

Presiden Rusia Vladimir Putin.

Foto: AP/Sergei Bobylev/Pool Sputnik Kremlin
Rusia menganeksasi Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin mulai resmi menganeksasi 15 persen wilayah Ukraina. Ia akan memimpin upacara di Kremlin untuk mendeklarasikan empat wilayah Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan upacara itu akan digelar pada Jumat (30/9) pukul 15.00 waktu setempat di Aula St George di Grand Kremlin Palace. (Untuk menandai) kesepakatan aksesi wilayah baru ke Federasi Rusia," katanya Kamis (29/9).

Baca Juga

Peskov mengatakan perjanjian akan ditandatangani "dengan empat wilayah yang menggelar referendum dan mengajukan korespondensi permintaan ke pihak Rusia."

Ukraina dan Barat menolak pemungutan suara yang menurut mereka sudah dicurangi sejak awal. Rusia menganeksasi  Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson tujuh bulan sejak Rusia menggelar invasinya.

Dengan aneksasi ini artinya luas wilayah yang Rusia ambil dari Ukraina seluas Portugal. Rusia sudah menganeksasi Semenanjung Crimea pada tahun 2014 lalu. Usai menandatangani perjanjian itu Putin akan menyampaikan pidato dan bertemu dengan administrator yang ditunjuk di wilayah Ukraina.

Peskov mengatakan upacara ini bagian dari proses terpisah pidato Putin di parlemen di panggung berikutnya. Panggung konser akan didirikan di Red Square. Peskov mengatakan media akan diberitahu apakah Putin akan hadir atau tidak. n Lintar Satria/Reuters  

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile