Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Minum Dua Hingga Tiga Cangkir Kopi per Hari Tingkatkan Kesehatan Jantung

Kamis 29 Sep 2022 18:55 WIB

Red: Nora Azizah

Antioksidan di dalam kopi membantu menjaga kesehatan jantung.

Antioksidan di dalam kopi membantu menjaga kesehatan jantung.

Foto: www.freepik.com
Antioksidan di dalam kopi membantu menjaga kesehatan jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter ahli spesialis jantung dan pembuluh darah konsultan kardiovaskular RSCMJakarta, Dr dr Muhammad Yamin, Sp.JP(K), FACC, FSCAI, mengatakan bahwa meminum dua sampai tiga cangkir kopi sehari dapat meningkatkan kesehatan jantung. "Penelitian tentang kopi dalam lima tahun sampai 10 tahun lalu memang kontradiktif. Tapi terakhir ini yang saya ikuti di beberapa publikasi, dua sampai tiga cangkir kopi sehari itu justru bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung karena ada kandungan antioksidannya," kata Yamin saat bincang-bincang virtual, di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Ia mengatakan, antioksidan berfungsi untuk memproteksi tubuh dengan mengikat radikal bebas. Mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh termasuk dinding sel pembuluh darah yang dapat menyebabkan gangguan pembuluh darah, serangan jantung, stroke, dan penyakit fatal lainnya.

Baca Juga

Kopi sendiri, kata dia, memiliki kandungan polifenol yang memiliki sifat antioksidan sehingga bermanfaat bagi kesehatan selama dikonsumsi dengan cara yang tepat. Yamin pun menganjurkan untuk meminum kopi dengan sedikit gula atau bahkan tanpa gula agar manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh.

"Yang bikin kopi itu jelek adalah kalau diminum pakai gula yang banyak sambil merokok. Kopinya bagus, tapi karena dicampur gula banyak-banyak, sambil merokok, ya jadinya jelek," katanya.

Menurut Yamin, konsumsi kopi dengan banyak gula tentu akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Tingginya kadar gula darah juga tentu akan menyebabkan rusaknya pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Apalagi jika ditambah merokok, maka risiko seseorang terkena penyakit jantung akan semakin meningkat.

"Jadi cara mengonsumsinya yang harus diubah. Sekarang, masyarakat di Eropa, mereka punya concern terhadap konsumsi dan gula, jadi mereka sudah melakukan pendidikan atau coaching mendorong supaya dikampanyekan minum kopi tanpa gula," katanya.

Dia menambahkan, susu almond dan susu kedelai dapat menjadi alternatif untuk menggantikan gula saat mengkonsumsi kopi.

"(Susu almond) juga bagus untuk kesehatan, banyak antioksidannya," demikian Muhammad Yamin.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile