Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

16 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Arsenal Diterpa Badai Cedera Jelang Laga Kontra Spurs

Kamis 29 Sep 2022 22:19 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.

Foto: AP/Ian Walton
Tujuh pemain Arsenal cedera jelang derbi London Utara vs Tottenham.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Jeda internasional menjadi bencana bagi pelatih Arsenal, Mikel Arteta, jelang derbi London Utara melawan Tottenham Hotspur akhir pekan ini. Sebab, sebagian besar penggawa Arsenal yang bertugas membela negara masing-masing mengalami cedera.

Paling tidak, ada tujuh pemain Arsenal yang kembali ke Stadion Emirates dalam kondisi cedera. Kondisi ini tentu akan mengganggu misi the Gunners untuk mempertahankan posisi puncak klasemen Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Pemain yang kembali dari tugas internasional dalam kondisi cedera tersebut adalah Thomas Partey, Martin Odegaard, Oleksandr Zinchenko, Ben White, Emile Smith Rowe, Takehiro Tomiyasu, dan Kieran Tierney.

Mantan pemain Manchester United, Mikael Silvestre, menilai the Gunners menghadapi masalah serius menjelang derbi London Utara nanti. Arsenal mengalahkan Crystal Palace, Leicester City, Bournemouth, Fulham, Aston Villa, dan Brentford di liga sejauh ini. The Gunners hanya kalah satu kali yaitu oleh Manchester United.

Silvestre menilai Arsenal bakal kesulitan menghadapi skuad asuhan Antonio Conte karena badai cedera, khususnya dengan absennya Partey.

''Partey adalah bagian besar dari teka-teki untuk Mikel Arteta. Arsenal menunjukan bahwa mereka tegang segera setelah ada cedera pada Xhaka atau Partey. Semacam bagian tubuh yang hilang sehingga bisa menjadi masalah musim ini,'' kata Silvestre dikutip dari Metro, Kamis (29/9/2022).

Partey, yang meninggalkan Ghana lebih awal, hanya beberapa saat menjelang pertandingan melawan Brasil melapor ke tim nasional atas ketidaknyamanan di lututnya. Ini menjadi pukulan telak karena mantan gelandang Atletico Madrid itu sudah absen empat kali dari delapan pertandingan yang disebabkan masalah pada paha.

Cedera terakhir sang gelandang pun menimbulkan keraguan baru tentang ketersediaannya secara jangka panjang. Walaupun cedera ini dianggap tidak terlalu serius oleh Arsenal.

Sementara Tierney juga kembali lebih awal setelah tampil mengesankan dalam kemenangan Skotlandia 3-0 atas Ukraina. Ia kembali ke London Utara lebih awal karena protokol gegar otak. Ia ditarik keluar saat melawan Republik Irlandia, menyusul benturan kepala dan sehingga harus mundur dari skuad Skotlandia.

Kondisi ini tentu menjadi dilema Arteta dalam memilih bek kiri. Sebab Oleksandr Zinchenko juga mengalami cedera. Pemain berusia 25 tahun itu berjuang pulih dari cedera betis yang membuatnya absen dalam pertandingan melawan Brentford dan absen membela Ukraina.

Sementara pemain belakang lainnya, Tomiyasu, juga telah kembali dari tugas internasional. Bek kanan Jepang itu tampil mengesankan dalam kemenangan timnya 2-0 atas Amerika Serikat. Tapi terbang kembali ke London dalam kondisi tak terlalu fit.

Kembali ke markas latihan Arsenal, London Colney, Ben White juga ingin mengembalikan kebugarannya setelah mengalami gangguan. Bek tengah itu diganti pada babak kedua dalam kemenangan atas Brentford di London Barat.

Smith Rowe dan Elneny juga sama-sama sedang dalam pemulihan menyusul cedera yang dideritanya. Tapi kedua pemain ini diprediksi bakal absen cukup panjang.

Smith Rowe bakal menghadapi operasi pangkal paha setelah absen dalam dua pertandingan terakhir Arsenal. Sementara Elneny tidak mungkin bermain lagi tahun ini setelah mengalami robek pada hamstringnya.

Di sisi lain, Tottenham justru menikmati jeda internasional. Pemain pemain Spurs tampil bersinar dan kembali tanpa cedera berarti.

Son Heung-min dan Richarlison tampil gemilang untuk Korea Selatan dan Brasil setelah keduanya sama-sama mencetak gol dalam pertandingan persahabatan. Rodrigo Bentancur dan Pape Matar Sarr juga turut dimainkan oleh negaranyamasing-masing. Dejan Kulusevksi juga tampil cukup apik saat membela Swedia di UEFA Nations League.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile