Jumat 30 Sep 2022 10:50 WIB

Perlu Ditanamkan Etika Ruang Digital Pada Anak-anak

Etika membentuk kesadaran, integritas, tanggung jawab, dan kebajikan dalam melakukan sesuatu di ruang digital

Rep: yayan/ Red: Partner
.
Foto: network /yayan
.

Desra selaku Key Opinion Leader
Desra selaku Key Opinion Leader

ruzka.republika.co.id - Era yang semakin berkembang ini, kita bisa melakukan komunikasi dengan sangat mudah. Hadirnya ruang digital memudahkan kita mencapai segala informasi yang dibutuhkan.

Di zaman yang sudah modern ini teknologi yang serba digital telah berkembang dengan pesat, maka dari itu perlu adanya kemampuan literasi digital agar masyarakat memahami dunia digital.

Hal ini berjalan beriringan dengan kemampuan adaptasi anak-anak usia dini di negara kita. Banyak dari mereka sudah memanfaatkan teknologi digital ini.

Tapi harus selalu ada hal yang diperhatikan orang tua untuk mengawasi anak-anak dari pengaruh yang kurang mengenakan.

Muhajir, dosen komunikasi IAI Dalwa Pasuruan mengatakan dalam mengenalkan ruang digital sejak dini, perlu ditanamkan juga etika untuk anak-anak.

"Etika membentuk kesadaran, integritas, tanggung jawab, dan kebajikan dalam melakukan sesuatu di ruang digital. Etika pada ruang digital biasa disebut dengan netiket,” kata Muhajir dalam webinar literasi digital #MakinCakapDigital dengan tema: Mengenal Literasi Digital Sejak Dini.

Kegiatan yang digelar Kamis (29/9/2022) di Jawa Timur itu digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan SiberKreasi.

Tema yang dibahas oleh masing-masing narasumber meliputi digital skill, digital culture, digital ethic, dan digital safety .Untuk info kegiatan Literasi Digital lainnya, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo, atau ke website info.literasidigital.id.

Desra selaku Key Opinion Leader menambahkan, selain etika yang diajarkan, kita juga harus mengajarkan budaya digital sesuai dengan budaya asli kita.

"Perlu ditanamkan kepada anak-anak kita unsur kebudayaan negara kita seperti agama, adat istiadat, bahasa, karya seni, tutur bahasa, cara berpakaian dan politik.

Webinar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan literasi digital di Jawa Timur. Kegiatan ini terbuka untuk para pelajar mulai dari kelas 4 SD sampai kelas 12 SMA dan para Guru.* (yayan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement