Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Perlu Ditanamkan Etika Ruang Digital Pada Anak-anak

Jumat 30 Sep 2022 03:50 WIB

Rep: yayan/ Red: Partner

.

.

Foto: network /yayan
Etika membentuk kesadaran, integritas, tanggung jawab, dan kebajikan dalam melakukan sesuatu di ruang digital

Desra selaku Key Opinion Leader
Desra selaku Key Opinion Leader

ruzka.republika.co.id - Era yang semakin berkembang ini, kita bisa melakukan komunikasi dengan sangat mudah. Hadirnya ruang digital memudahkan kita mencapai segala informasi yang dibutuhkan.

Di zaman yang sudah modern ini teknologi yang serba digital telah berkembang dengan pesat, maka dari itu perlu adanya kemampuan literasi digital agar masyarakat memahami dunia digital.

Hal ini berjalan beriringan dengan kemampuan adaptasi anak-anak usia dini di negara kita. Banyak dari mereka sudah memanfaatkan teknologi digital ini.

Tapi harus selalu ada hal yang diperhatikan orang tua untuk mengawasi anak-anak dari pengaruh yang kurang mengenakan.

Muhajir, dosen komunikasi IAI Dalwa Pasuruan mengatakan dalam mengenalkan ruang digital sejak dini, perlu ditanamkan juga etika untuk anak-anak.

"Etika membentuk kesadaran, integritas, tanggung jawab, dan kebajikan dalam melakukan sesuatu di ruang digital. Etika pada ruang digital biasa disebut dengan netiket,” kata Muhajir dalam webinar literasi digital #MakinCakapDigital dengan tema: Mengenal Literasi Digital Sejak Dini.

Kegiatan yang digelar Kamis (29/9/2022) di Jawa Timur itu digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan SiberKreasi.

Tema yang dibahas oleh masing-masing narasumber meliputi digital skill, digital culture, digital ethic, dan digital safety .Untuk info kegiatan Literasi Digital lainnya, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo, atau ke website info.literasidigital.id.

Desra selaku Key Opinion Leader menambahkan, selain etika yang diajarkan, kita juga harus mengajarkan budaya digital sesuai dengan budaya asli kita.

"Perlu ditanamkan kepada anak-anak kita unsur kebudayaan negara kita seperti agama, adat istiadat, bahasa, karya seni, tutur bahasa, cara berpakaian dan politik.

Webinar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan literasi digital di Jawa Timur. Kegiatan ini terbuka untuk para pelajar mulai dari kelas 4 SD sampai kelas 12 SMA dan para Guru.* (yayan)

sumber : https://ruzka.republika.co.id/posts/180372/perlu-ditanamkan-etika-ruang-digital-pada-anak-anak
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile