Jumat 30 Sep 2022 16:50 WIB

Perempuan Menopause Berisiko Lebih Tinggi Terkena Sakit Jantung

Estrogen yang turun pada perempuan menopause membuat risiko sakit jantung meningkat.

Red: Nora Azizah
Estrogen yang turun pada perempuan menopause membuat risiko sakit jantung meningkat.
Foto: www.freepik.com.
Estrogen yang turun pada perempuan menopause membuat risiko sakit jantung meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter dari Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk dr. Muhammad Sany Armansah, MKK, mengatakan, wanita yang sudah menopause berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan wanita yang masih dalam usia subur. "Wanita memiliki hormon estrogen yang dapat melindungi pembuluh darah. Tapi pada usia lanjut, sudah terjadi menopause, kadar estrogen turun dan ini jadi pemicu perempuan menderita penyakit jantung," kata Sany dalam acara kesehatan yang digelar virtual dipantau dari Jakarta, Jumat (29/9/2022).

Dengan demikian, menurut Sany, baik pria maupun wanita sebenarnya memiliki risiko yang sama besarnya terhadap penyakit jantung. Jika pada laki-laki biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup seperti kebiasaan merokok, maka pada perempuan risikonya akan meningkat jika sudah mengalami menopause.

Baca Juga

"Laki-laki dan perempuan sebetulnya memiliki kesempatan yang sama besar untuk memiliki penyakit jantung. Jika dilihat misalnya faktor risikonya merokok. Laki-laki lebih banyak merokok, berarti laki-laki menderita penyakit jantung lebih banyak. Tapi ternyata tidak semata-mata demikian," tutur Sany.

"Pada usia produktif (subur), kadar estrogen dalam tubuh wanita membuat pembuluh darah lebih fleksibel sehingga aliran darahnya jauh lebih baik daripada laki-laki yang tidak memiliki estrogen. Tapi kan ketika sudah menopause, kadar estrogennya turun," sambungnya.

Selain itu, lanjut dia, perempuan yang mengonsumsi KB hormonal juga dapat memicu darah tinggi, yang pada akhirnya meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Untuk itu, Sany menyarankan agar melakukan cek kesehatan secara rutin. Apalagi jika memiliki berbagai faktor risiko seperti darah tinggi, diabetes, merokok, konsumsi alkohol, obesitas, kolesterol tinggi, dan keturunan atau riwayat keluarga.

Ia juga menganjurkan untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan jika mengalami gejala khas seperti nyeri dada sebelah kiri yang menjalar ke lengan hingga leher, nafas pendek, hingga irama jantung yang terlalu cepat atau terlalu lambat.

"Ada dua macam pemeriksaan, invasif dan noninvasif. Tapi yang paling sering kita temui yang standar di pelayanan kesehatan adalah yang noninvasif, alatnya di luar, tidak dimasukkan ke dalam tubuh. Karena kalau yang invasif biasanya sudah spesialistik, dipegang oleh spesialis jantung dan pembuluh darah," kata Sany.

"Yang biasa kita temui di fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu di Puskesmas atau klinik, itu biasanya ada perekaman jantung atau elektrokardiogram (EKG). Dari situ hasilnya akan dibaca oleh dokternya apakah ada kelainan," tutup dia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْمَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَۗ قُلْ فَمَنْ يَّمْلِكُ مِنَ اللّٰهِ شَيْـًٔا اِنْ اَرَادَ اَنْ يُّهْلِكَ الْمَسِيْحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَاُمَّهٗ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا ۗوَلِلّٰهِ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا ۗ يَخْلُقُ مَا يَشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Sungguh, telah kafir orang yang berkata, “Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam.” Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al-Masih putra Maryam beserta ibunya dan seluruh (manusia) yang berada di bumi?” Dan milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya. Dia menciptakan apa yang Dia Kehendaki. Dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Ma'idah ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement