Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

9 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Muslim dan Hindu di Leicester Berbagi Pesan Solidaritas

Jumat 30 Sep 2022 12:18 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Orang-orang Shalat di Masjid London Timur & Pusat Muslim London di London timur, Inggris, Rabu (14/4). Muslim dan Hindu di Leicester Berbagi Pesan Solidaritas

Orang-orang Shalat di Masjid London Timur & Pusat Muslim London di London timur, Inggris, Rabu (14/4). Muslim dan Hindu di Leicester Berbagi Pesan Solidaritas

Foto: Harun Chown / PA melalui AP
Pemimpin Muslim dan Hindu berdialog dengan polisi dan pemimpin sipil setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Lancs Hindu dan Muslim menggelar pertemuan yang diselenggarakan oleh Light Foundation. Pertemuan itu terjadi setelah bentrokan kekerasan, provokasi dan ketegangan agama di Leicester dan Birmingham dalam beberapa pekan terakhir.

Para pemimpin dari komunitas Hindu dan Muslim bergabung dengan perwira polisi senior dan pemimpin sipil di Preston untuk menghadirkan front persatuan saat mereka menyerukan 'dialog yang tenang dan saling menghormati'.

Baca Juga

Nadeem Ashfaq dari Light Foundation mengatakan, pertemuan itu menyoroti hubungan positif dan niat baik yang telah dinikmati komunitas Hindu dan Muslim selama beberapa dekade di negara ini. 

"Ada juga tekad kuat untuk melawan narasi ekstrem dan penuh kebencian yang dipromosikan untuk memecah belah kedua komunitas,” kata Ashfaq, dilansir dari Asian Image, Jumat (30/9/2022).

Para peserta menyerukan pentingnya hubungan antaragama yang kuat antara komunitas Hindu dan Muslim akar rumput, dalam mencari semangat baru untuk kemanusiaan bersama.

“Kami juga menekankan pentingnya menghormati kesucian tempat-tempat keagamaan, baik masjid maupun pura,” kata Ashfaq.

Sebelumnya, sekelompok pemuda hindu dan muslim bentrok di Leicester, Inggris. Bentrokan tersebut menyebabkan 25 petugas polisi terluka dan 47 orang ditangkap.

Penyebab bentrokan diyakini akibat ketegangan yang meningkat menyusul pertandingan kriket antara India dan Pakistan. Namun penduduk setempat menyebut hubungan antara kedua komunitas itu telah tegang selama berbulan-bulan sehingga memicu kerusuhan. 

Ditambah lagi dengan hasutan di media sosial, diperparah lagi dengan datangnya orang luar yang berasal dari daerah terdekat, seperti Birmingham.  

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile