Sebanyak 10 PTMA Masuk 100 Kampus Terbaik se-Indonesia

Rep: Andrian Saputra/ Red: Fernan Rahadi

Suasana My Dormy Hostel UMM yang terletak di dalam Kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Suasana My Dormy Hostel UMM yang terletak di dalam Kampus terpadu Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). | Foto: dok. Humas UMM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak sepuluh Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah (PTMA) berhasil masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik se-Indonesia versi University Ranking (UniRank) edisi September 2022. Di antaranya yakni Universitas Muhammadiyah Malang peringkat ke-23, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta peringkat ke-28, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka peringkat ke-33, Universitas Ahmad Dahlan peringkat ke-41, dan Universitas Muhammadiyah Surakarta peringkat ke-43.

Selain itu Universitas Muhammadiyah Ponorogo peringkat ke-59, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara peringkat ke-68, Universitas Muhammadiyah Purworejo peringkat ke-74, Universitas Muhammadiyah Semarang peringkat ke-90, dan Universitas Muhammadiyah Riau peringkat ke-95.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dadang Kahmad mengungkapkan syukur dan terima kasih atas pemeringkatan yang dilakukan oleh UniRank sebagai lembaga pemeringkatan perguruan tinggi internasional. 

"Berarti orang menghargai kinerja serius dari pimpinan Muhammadiyah dan pimpinan kampus-kampus Muhammadiyah karena memang sebagaimana hasil muktamar 47 itu bahwa Muhammadiyah harus mengusung keunggulan-keunggulan salah satunya dari segi pendidikan melalui perguruan tinggi," kata Prof Dadang.

Lebih lanjut Prof Dadang mengatakan Majelis Dikti PP Muhammadiyah terus berbenah diri dan memperbanyak kampus-kampus Muhammadiyah di berbagai daerah. Termasuk juga semakin banyak membuka program Pascasarjana Muhammadiyah. Menurut Prof Dadang yang juga menjadi perhatian serius PP Muhammadiyah adalah pembangunan kampus-kampus Muhammadiyah di wilayah Indonesia Timur dan daerah-daerah terdepan. 

"Bahwa kebijakan kita adalah juga memperhatikan pembangunan dan pengembangan kampus-kampus di daerah terluar seperti di Manado, Maluku Utara, Papua, NTT itukan kampus-kampus Muhammadiyah menyebar sampai kampus kampus Indonesia Timur dan termasuk yang terluar," katanya 

UniRank melakukan pemeringkatan pada perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang telah memenuhi seleksi UniRank. UniRank melakukan seleksi penilaian pada tiga aspek yang dimiliki oleh setiap universitas. Di antara penilaiannya, pertama akreditasi perguruan tinggi terkait, kedua melihat ada tidaknya program pascasarjana, dan yang ketiga proses perkuliahan yang dilakukan baik tatap muka atau jarak jauh. Andrian Saputra

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Muhammadiyah Bekerja Keras Mewujudkan Pengelolaan Perguruan Tinggi yang Baik

10 PTMA Muhammadiyah Masuk 100 Kampus Terbaik se-Indonesia 

BPRS Bumi Rinjani UMM Raih Sharia Award

UMM Ungkap Taktik Pembelajaran Anatomi Selama Pandemi Covid-19

UMM Ungkap Taktik Pembelajaran Anatomi Selama Pandemi Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark