Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

3 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Putin Umumkan Pencaplokan Empat Wilayah Ukraina

Jumat 30 Sep 2022 20:15 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

 Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan pencaplokan empat wilayah Ukraina ke Rusia. Ilustrasi.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan pencaplokan empat wilayah Ukraina ke Rusia. Ilustrasi.

Foto: AP/Sergei Bobylev/Pool Sputnik Kremlin
Putin yakin Parlemen Rusia mendukung pembentukan empat wilayah baru hasil referendum

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengumumkan pencaplokan empat wilayah Ukraina ke Rusia. Berbicara dalam upacara di Kremlin pada Jumat (30/9/2022), Putin mengatakan referendum yang berlangsung hasilnya diketahui dan orang-orang membuat pilihan mereka.

Putin juga mengatakan dia tidak ragu Parlemen Rusia, Duma, akan mendukung pembentukan empat wilayah baru di Rusia ini. "Donetsk, Kherson, Luhansk, Zaporizhzhia menggunakan hak mereka untuk menentukan nasib sendiri, yang diabadikan oleh PBB," kata dia.

Baca Juga

Presiden Rusia itu mengatakan Moskow siap untuk kembali ke negosiasi damai dengan Kiev tetapi tidak akan mencabut hasil referendum. Menurutnya penduduk di empat wilayah Ukraina tersebut sekarang menjadi warga negara Rusia selamanya. Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan lebih dari 98 persen orang yang tinggal di wilayah Ukraina mendukung bergabung ke Rusia.

Pada 23-27 September 2022, wilayah separatis Ukraina di Donetsk dan Luhansk serta bagian Zaporizhzhia dan Kherson yang dikuasai Rusia mengadakan referendum untuk bergabung dengan Rusia. Referendum itu dikutuk komunitas internasional. Negara-negara Eropa dan Amerika Serikat menyebutnya "palsu" dan tidak akan diakui.

 

sumber : Anadolu Agency
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile