Sabtu 01 Oct 2022 16:16 WIB

Tesla Luncurkan Optimus, Robot Manusia yang Bisa Dipesan Sekitar 2027

CEO Tesla Elon Musk meluncurkan robot manusia buatan mereka Optimus pada Jumat waktu setempat atau Sabtu (1/10/2022) WIB.

Rep: Koiyudh/ Red: Partner
.
.

Prototipe pertama Optimus, nama sandi untuk<a href= Tesla Bot, melambaikan tangannya di acara Tesla AI Day 2022 event." />
Prototipe pertama Optimus, nama sandi untuk Tesla Bot, melambaikan tangannya di acara Tesla AI Day 2022 event.

CEO Tesla Elon Musk meluncurkan robot humanoid atau manusia buatan mereka pada Jumat waktu setempat atau Sabtu (1/10/2022) WIB. Saat dikenalkan, Tesla Bot bernama kode Optimus itu bisa berjalan di panggung, melambaikan tangan, dan berdansa ringan.

"Gol kami adalah membuat robot humaoid yang berguna bagi manusia secepat mungkin," kata Musk dalam acara Tesla AI Day 2022, event yang didesain untuk memamerkan teknologi terbaru Tesla, Jumat waktu setempat.

Seperti dikutip Cnet, Musk menambahkan, robot manusia ini kemungkinan sudah bisa dipesan "tiga tahunan mendatang dan tidak lebih dari lima tahun". Itu berarti bisa jadi pada sekitar tahun 2027-an.

Ada dua robot dipamerkan Musk dalam acara ini. Yang pertama, adalah model yang bisa berjalan. Yang kedua bisa menggerakan lengan dan jari, tangannya pun bisa menggenggam, namun belum bisa berjalan.

"Ia belum terlalu siap untuk berjalan, namun saya pikir ia akan berjalan dalam beberapa pekena mendatang," kata Musk soal robot kedua.

Ptototipe Optimus kedua memiliki bobot sekiat 73 kilogram. Ia mengombinasikan perangkat computing yang dimiliki teknologi berkendara otonom Tesla, yang disebut FSD.

Baterainya berkapasitas 2,3 kilowatt jam. Kapasitas tersebut "cukup untuk bekerja seharian," kata salah seorang insinyur Tesla. Saat duduk, Optimus mengonsumsi sekitar 100 watt, semantara saat berjalan bisa 500 watt.

Sumber: Cnet

Baca juga:

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement