Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

5 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Peringati G30S/PKI, Walikota Depok : Tidak Tempat Bagi Pengkhianat

Sabtu 01 Oct 2022 11:10 WIB

Rep: Mia Nala/ Red: Partner

.

.

Foto: network /Mia Nala
Hari Kesaktian Pancasila adalah perayaan di bulan Oktober, untuk memperingati pentingnya Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia. Peringatan tanggal 1 Oktober ini, tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI. "Ini yang tertanam dalam dada

Peringatan tanggal 1 Oktober ini, tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI. Walikota Depok Mohammad Idris, menyampaikan sejumlah pesan dalam rangka memperingati peristiwa pemberontakan G30S/PKI. Hal tersebut disampaikan melalui akun facebook dan instagramnya.
Peringatan tanggal 1 Oktober ini, tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI. Walikota Depok Mohammad Idris, menyampaikan sejumlah pesan dalam rangka memperingati peristiwa pemberontakan G30S/PKI. Hal tersebut disampaikan melalui akun facebook dan instagramnya.

ruzka.republika.co.id – Hari Kesaktian Pancasila adalah perayaan di bulan Oktober, untuk memperingati pentingnya Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia. Peringatan tanggal 1 Oktober ini, tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI.

Memperingati hari tersebut, Walikota Depok Mohammad Idris, menyampaikan sejumlah pesan dalam rangka memperingati peristiwa pemberontakan G30S/PKI. Hal tersebut disampaikan melalui akun facebook dan instagramnya.

Idris menuliskan, tidak ada tempat bagi pengkhianat dalam Negara berdaulat, untuk meraih martabat.

"Ini yang tertanam dalam dada para korban G30S/PKI, ini pula yang sejatinya terpatri dalam sanubari setiap anak negeri dengan bingkai NKRI," tulisnya dalam akun Facebook dan Instagramnya, Jumat (30/09/2002).

Dalam unggahan tersebut, Mohammad Idris menampilkan tulisan berwarna putih dengan background berlatar hitam.

Dengan potret Pahlawan Revolusi dan Garuda Pancasila dengan pita putih yang dicengkeram bertuliskan BHINNEKA TUNGGAL IKA berada di kanan bawah pada gambar. Potret tersebut berasal dari Monumen Pancasila Sakti yang berada Lubang Buaya, Jakarta. (JD09/ED02/EUD02)

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota (SE) Nomor: 003/513/Kesbangpol tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022. Penerbitan SE ini berdasarkan Surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (RI) Nomor: 59868/MPK.F/TU.02.03/2022 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022.

Dalam SE tersebut, terdapat empat hal yang perlu dilakukan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Pertama, tema upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 adalah 'Bangkit Bergerak Bersama Pancasila'.

Kedua, kepala daerah/Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan kepala kantor/lembaga mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monument Pancasila sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing.

Ketiga, seluruh kantor instansi dari seluruh warga masyarakat Kota Depok pada tanggal 30 September 2022 agar mengibarkan bendera setengah tiang, lalu tanggal 01 Oktober 2022 mengibarkan bendera satu tiang penuh mulai pukul 06.00 WIB.

Terakhir, pada tanggal 30 September 2022 masyarakat diminta mendengarkan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (RI) melalui berbagai kenal media massa (televisi, radio dan media daring). Mia Nala

sumber : https://ruzka.republika.co.id/posts/180618/peringati-g30s-pki-walikota-depok-tidak-tempat-bagi-pengkhianat
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile