Sabtu 01 Oct 2022 19:53 WIB

KBPII Berikan Pendampingan Redistribusi Tanah Warga Cipeuteuy Kabupaten Sukabumi

KBPII juga memberikan pendampingan ekonomi warga Sukabumi

Rep: rilis/ Red: Muhammad Subarkah
KBPII membagikan bahan pangan di tengan pandemi Corona kepada masyarakat.
Foto: M Toha Al Masyur
KBPII membagikan bahan pangan di tengan pandemi Corona kepada masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Proses pelaksanaan redistribusi lahan Tanah Obyek Agraris (TORA) di Desa Cipeuteuy, Kabandungan, Sukabumi sudah hampir tuntas. Masyarakat Desa Cipeuteuy memberikan apresiasi kepada Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPII) yang telah mendampingi warga dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang sudah mendengar aspirasi warga.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Desa Cipeuteuy Tirta Jaya dalam Rapat Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Sukabumi, di Balai Desa Cipeuteuy, Kabandungan, Sukabumi, Kamis ( 29/9/2022).

"Kami sampaikan terimakasih kepada KBPII dan BPN Pusat yang senantiasa mendampingi petani Cipeteuy untuk mendapatkan hak tanah yang akan memberikan ketenangan para petani terhadap lahan yang telah mereka garap bertahun-tahun," ujar Tirta Jaya.

Sementara itu Direktur Landreform BPN Pusat Sudaryanto SH, MM meminta  warga petani agar tetap solid dan kompak unyuk bersama-sama mensukseskan program ini TORA di Desa Cipeuteuy, Kabupaten Sukabumi.

Program TORA adalah program pemberian tanah yang dikuasai oleh negara untuk diredistribusi atau dilegalisasi kepada masyarakat (subyek TORA) yang memenuhi syarat tertentu. Dengan demikian warga yang menempati tanah negara tersebut mendapatkan aset tanah secara legal.

KBPII sejak awal tahun 2021 mendampingi proses redistribusi tanah warga Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.

Sekitar 15I Hektare tanah yang selama ini ditempati dan oleh warga dan menjadi lahan garap diproses secara legal agar menjadi milik warga melalui program TORA.

Sekjen KBPII Asep Effendi mengatakan program pendampingan yang dilakukan KBPII merupakan program sosial sebagai percontohan dan diharapkan bisa dilaksanakan di kawasan lain. 

"Kita ingin berpartisipasi agar masyakarat mendapatkan hak tanah sesuai program yang dicanangkan oleh pemerintah. Apalagi soal tanah adalah masalah yang sangat penting bagi masyarakat," ujarnya. 

Asep menambahkan KBPII juga memberikan pendampingan ekonomi untuk warga melalui program TORA, tapi juga membangun pola pemberdayaan untuk warga pasca TORA. 

"Kita ajak warga meningkatkan kesejahteraan melalui koperasi yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan dan pertanian," tambah Asep. 

Rapat Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Sukabumi dihadiri Direktur Landreform ATR/BPN pusat, Kanwil BPN Jabar, Kanda BPN Kabupaten Sukabumi, Dinas Koperasi, Koramil, Polsek dan aparat Desa Cipeteuy.*

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement