Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

11 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Latihan Membatik Disebut Bisa Jadi 'Terapi' Penderita Kanker

Sabtu 01 Oct 2022 15:43 WIB

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti

Membatik disebut bisa menjadi terapi bagi penderita kanker. (ilustrasi)

Membatik disebut bisa menjadi terapi bagi penderita kanker. (ilustrasi)

Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Sudah banyak pihak dirangkul tuk ikut berlatih membuat batik di Rumah Batik Palbatu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Latihan membuat batik tulis tradisional di Rumah Batik Palbatu, Jakarta Selatan, bisa sebagai "terapi" bagi pengidap kanker.

"Bisa buat terapi bagi pengidap kanker sehingga mereka merasa diakui dan dirangkul di masyarakat," kata Pendiri Rumah Batik Palbatu, Budi Harry, dalam siaran langsung di akun Youtube resmi Layanan Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga

Harry mengatakan, sudah banyak pihak yang dirangkul untuk ikut berlatih membuat batik di Rumah Batik Palbatu yang beralamat di Jalan Palbatu IV No. 17, RW 4, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Selain pengidap kanker, pihaknya juga menggandeng penyandang difabel, ibu rumah tangga, hingga anak muda agar bisa mengembangkan kreasinya.

Menurut dia, proses membuat batik tulis tidak sulit lantaran di kelasnya bisa membuat motif sederhana dengan menggunakan canting. Proses pembuatannya pun terbilang cepat yakni hanya memakan waktu dua sampai empat jam setiap membuat satu kain batik.

Terlebih, tentunya pihaknya juga menyediakan pengajar terlatih yang bisa mengajarkan dari mulai pemilihan motif hingga melukis batik di kain. "Jadi kami membuka kelas setiap harinya dan satu orang pun kami ajarkan membatik karena dari satu orang itu bisa menyebarkan ilmunya," ujarnya. Harry berharap, melalui kelas yang disiapkan bisa membuat masyarakat Indonesia lebih memahami proses pembuatan batik sebagai warisan budaya dan bisa menularkan ilmunya kepada keluarga atau tetangga dekatnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile