Ahad 02 Oct 2022 03:18 WIB

Ini Beberapa Manfaat Kacang Mete bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Jantung

Kacang mete kandungannya rendah gula yang kaya serat, lemak dan protein nabati

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pekerja memperlihatkan kacang mete yang selesai disortir di salah satu rumah industri kacang mete di Kecamatan Biring Kanaya, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/3/2019).
Foto: Antara/Arnas Padda
Pekerja memperlihatkan kacang mete yang selesai disortir di salah satu rumah industri kacang mete di Kecamatan Biring Kanaya, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/3/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kacang mete adalah camilan kaya protein. Berasal dari Amerika Selatan (Brasil), kacang mete juga ditemukan di Afrika dan India. Kacang mete dijual mentah, dipanggang dan diasinkan.

Dilansir dari news18, kacang mete kandungannya rendah gula yang kaya serat, lemak dan protein nabati. Ini juga merupakan sumber tembaga, mangan dan magnesium yang baik. Nutrisi ini penting untuk produksi energi, kesehatan tulang dan kekebalan.

Berikut lima manfaat kacang mete untuk kesehatan :

1. Kesehatan Jantung

Asam lemak tak jenuh dalam kacang mete membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, stroke dan serangan jantung.

2. Diabetes

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, AS, ditemukan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang memiliki 10 persen kalori harian dari kacang mete memiliki kadar insulin yang relatif lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak makan kacang mete sama sekali.

3. Tekanan Darah

Kacang mete mengandung lemak dan mineral tak jenuh seperti magnesium, potasium dan L-arginin dalam jumlah yang banyak. Nutrisi ini membantu mengontrol tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah.

4. Kolagen

Kacang mete memiliki kandungan tembaga yang tinggi di dalamnya. Tembaga mempertahankan tingkat kolagen dan elastin dalam tubuh. Ini juga membantu dalam mengganti jaringan atau kolagen yang rusak.

5. Tulang

Magnesium dan tembaga dalam kacang mete sangat penting untuk tulang karena membantu asimilasi kalsium ke dalam tulang. Kekurangan tembaga yang parah dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih rendah dan dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِذَا جَاۤءَكَ الْمُؤْمِنٰتُ يُبَايِعْنَكَ عَلٰٓى اَنْ لَّا يُشْرِكْنَ بِاللّٰهِ شَيْـًٔا وَّلَا يَسْرِقْنَ وَلَا يَزْنِيْنَ وَلَا يَقْتُلْنَ اَوْلَادَهُنَّ وَلَا يَأْتِيْنَ بِبُهْتَانٍ يَّفْتَرِيْنَهٗ بَيْنَ اَيْدِيْهِنَّ وَاَرْجُلِهِنَّ وَلَا يَعْصِيْنَكَ فِيْ مَعْرُوْفٍ فَبَايِعْهُنَّ وَاسْتَغْفِرْ لَهُنَّ اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Wahai Nabi! Apabila perempuan-perempuan yang mukmin datang kepadamu untuk mengadakan bai‘at (janji setia), bahwa mereka tidak akan mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Allah; tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak-anaknya, tidak akan berbuat dusta yang mereka ada-adakan antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakaimu dalam urusan yang baik, maka terimalah janji setia mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 12)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement