Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

10 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Yuk Coba! Ini 5 Minuman Sehat untuk Cegah Kolesterol

Sabtu 01 Oct 2022 20:40 WIB

Rep: Haura Hafidzah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Jus tomat. Jus tomat dan teh hijau jadi salah satu minuman untuk cegah peningkatan kolesterol

Jus tomat. Jus tomat dan teh hijau jadi salah satu minuman untuk cegah peningkatan kolesterol

Foto: Public domain pictures
Jus tomat dan teh hijau jadi salah satu minuman untuk cegah peningkatan kolesterol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diet sehat memainkan peran utama dalam menjaga kadar kolesterol normal. Seseorang perlu menyadari nilai gizi dari makanan yang dimakan setiap hari untuk menghindari penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan sebagainya.

Dilansir dari onmanorama, mengikuti gaya hidup sehat, olahraga teratur, tes medis pada interval yang tepat dan diet bergizi sangat penting dalam mengurangi kolesterol tinggi.

Berikut minuman sehat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yaitu:

1. Jus Tomat

Lycopene dalam tomat dapat meningkatkan kadar lipid dan membantu mengurangi kolesterol jahat. Niasin dan serat di dalamnya juga dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol. Jus tomat bisa dikonsumsi dua atau tiga kali seminggu.

2. Teh Hijau

Mereka yang memiliki kolesterol tinggi harus minum teh hijau. Sangat baik untuk mengurangi obesitas. Katekin dan antioksidan lain dalam teh hijau dapat menurunkan kolesterol jahat. Ini adalah minuman sehat yang dapat dimasukkan dalam diet harian Anda.

3. Minuman Kakao

Kakao sarat dengan antioksidan seperti flavonoid yang dapat menurunkan kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggal juga sangat baik untuk pasien kolesterol. Cokelat hitam yang mengandung flavonoid dapat dicampur dengan susu panas untuk membuat cokelat panas yang sempurna.

4. Susu Kedelai

Alih-alih susu sapi biasa, coba gunakan susu kedelai yang memiliki lebih sedikit lemak jenuh. Susu kedelai bisa dikonsumsi oleh penderita jantung.

5. Susu Gandum

Susu gandum tinggi beta-glukan, sejenis serat larut, membantu mengurangi kolesterol jahat. Dibandingkan dengan susu biasa, susu oat memiliki kandungan serat dan protein yang lebih banyak. Itu bisa dimasukkan dalam makanan sehari-hari.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile