Ahad 02 Oct 2022 16:24 WIB

Erick Thohir Berhasil Menguatkan Gairah Ekonomi Syariah

Erick berperan meningkatkan gairah ekonomi syariah dengan memberdayakan usaha mikro

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai berhasil menguatkan ekosistem untuk menumbuhkan gairah ekonomi syariah. (ilustrasi).
Foto: Republika
Menteri BUMN Erick Thohir dinilai berhasil menguatkan ekosistem untuk menumbuhkan gairah ekonomi syariah. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Menteri BUMN Erick Thohir dinilai berhasil menguatkan ekosistem untuk menumbuhkan gairah ekonomi syariah. Erick Thohir berperan banyak dalam meningkatkan gairah ekonomi syariah dengan memberdayakan usaha mikro masyarakat.

Saat ini, ekonomi syariah menjadi tren baru terhadap ekonomi masyarakat. Data terbaru menyebutkan potensi ekonomi syariah Indonesia rata-rata masuk dalam peringkat 10 besar dunia, dua sektor ekonomi syariah Indonesia masuk urutan 5 besar dunia yaitu sektor makanan dan minuman halal, sektor fesyen atau pakaian muslim.

Baca Juga

Erick Thohir berhasil membangun sistem yang mampu mengorbitkan produk syariah dari pelaku usaha lokal. Ketua Dewan Pakar Masyarakat Ekonomi Syariah, Perry Warjiyo mengatakan perkembangan ekonomi syariah di Tanah Air terus mengalami tren yang sangat positif.

“Kelihatan sekarang gairah masyarakat untuk mengembangkan ekonomi syariah semakin kuat. Penguatan ekosistem ekonomi syariah juga berdampak pada penguatan unit usaha, misalnya dari pondok pesantren sampai unit usaha-usaha besar,” kata Perry.

Dalam menggerakkan ekonomi syariah, Erick Thohir menyiapkan empat program unggulan yang mampu membentuk ekosistem. Pertama, mengembangkan pasar industri halal di dalam dan di luar negeri. Kedua, mengembangkan industri keuangan Syariah. Ketiga, investasi yang bersahabat yang melibatkan pengusaha daerah. Keempat, pengembangan ekonomi Syariah di pedesaan secara berkelanjutan.

Melihat potensi ekonomi syariah Indonesia, Erick Thohir ingin masyarakat Indonesia bukan hanya menjadi tempat penampung komoditas syariah dari berbagai negara. Erick Thohir Indonesia menjadi negara produsen produk-produk syariah.

“Janganlah kita hanya sebatas menjadi konsumen negara lain. Tapi harus menjadi produsen dan pemain global. Namun mustahil kita menjadi pemain global jika belum berhasil memperkuat sistem keuangan syariah kita sendiri dari dalam negeri,” ujar Erick Thohir

Sebagai langkah konkret untuk mendukung pertumbuhan ekonomi syariah, Erick Thohir melakukan holding bank syariah menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Menurut Erick Thohir, BSI telah terbukti berdiri kokoh di tengah gelombang pandemi yang menyerang dunia pada tahun-tahun kemarin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement