Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

14 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Sambut Hari Batik, Museum di Latvia GelarBatik Workshop

Ahad 02 Oct 2022 12:17 WIB

Rep: Kabar Dunia dan Indonesia/ Red: Partner

.

.

Foto: network /Kabar Dunia dan Indonesia
Ini adalah bagian dari soft diplomacy Indonesia untuk promosi batik Indonesia sebagai warisan budaya tak benda UNESCO kepada publik di Latvia.

Dok. KBRI Stockholm
Dok. KBRI Stockholm

DIPLOMASI REPUBLIKA, RIGA -- Art Musem Riga Bourse di Riga, Latvia, menggelar Batik Workshop, 1-2 Oktober, untuk menyambut Hari Batik pada 2 Oktober. Acara ini adalah hasil kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Stockholm bekerja sama dengan Batik House Indonesia

Lokakarya melukis batik yang bertempat di museum ternama di Latvia ini telah diikuti oleh kurang lebih 70 pecinta seni dan kebudayaan warga Latvia. Sebagian besar di antara mereka baru pertama kali mengenali batik Indonesia dan mempraktikkkan melukis batik.

“Kegiatan ini telah kami rencankan sejak tahun lalu bersama pihak Art Musem Riga Bourse, dengan secara khusus menargetkan warga pecinta seni dan kebudayaan di Latvia,” kata Duta Besar RI untuk Latvia yang berkedudukan di Swedia, Kamapradipta Isnomo, dalam keterangan tertulis yang diterima Diplomasi Republika, Ahad (2/10/2022).

Dok. KBRI Stockholm
Dok. KBRI Stockholm

“Ini adalah bagian dari soft diplomacy Indonesia untuk promosi batik Indonesia sebagai warisan budaya tak benda UNESCO kepada publik di Latvia," katanya menambahkan.

Menurut Dubes Kamapradipta, gaung itu diperkuat dengan menyelenggarakan Batik Workshop di Art Musem Riga Bourse. Museum ini adalah museum tertua dan ternama di Latvia, sehingga dinilai sebagai keputusan tempat dengan menjadikannya lokasi Batik Workshop. Art Museum Riga Bourse memiliki sejumlah benda seni dan kebudayaan Indonesia, di antaranya dua lukisan karya Raden Saleh.

Dok. KBRI Stockholm
Dok. KBRI Stockholm

Indonesia dan Latvia menjalin hubungan diplomatik sejak 1993. Salah satu dari tiga negeri Baltik ini merupakan salah satu negara anggota Uni Eropa di wilayah Eropa Timur.

Latvia dengan penduduk dua juta orang, merupakan mitra dagang dan sumber turis terbesar Indonesia dari wilayah Baltik. Bali dan Yogyakarta sangat dikenal di Latvia dan merupakan destinasi impian untuk dikunjungi dan berlibur warga Latvia. (yen)

sumber : https://diplomasi.republika.co.id/posts/180776/sambut-hari-batik-museum-di-latvia-gelarbatik-workshop
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile