Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

16 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

IFG dan IFG Life Berkolaborasi dalam Program Insurance Goes to Campus

Senin 03 Oct 2022 04:36 WIB

Red: Christiyaningsih

Costumer Care Representative IFG Life melayani nasabah saat pembukaan Customer Center IFG Life di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Costumer Care Representative IFG Life melayani nasabah saat pembukaan Customer Center IFG Life di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Program Insurance Goes to Campus menyasar literasi ke kaum muda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pada Rabu (28/9/2022) Indonesia Financial Group (IFG) selaku BUMN Holding Asuransi, Penjaminan, dan Investasi menggandeng salah satu anak perusahaannya, yaitu PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menginisiasi kegiatan literasi keuangan. Agenda ini bertajuk Insurance Goes to Campus (IGTC) 2022 dengan tema Share Your Dreams: Life After Graduates.

Kegiatan Insurance Goes to Campus 2022 ini diselenggarakan bekerja sama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI). Acara dikemas secara fun dan interaktif sebagai bagian peningkatan literasi keuangan, khususnya sektor asuransi di kalangan generasi muda.

Baca Juga

Sebagai bagian dari Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), baik IFG maupun IFG Life memiliki kewajiban untuk berperan aktif melakukan kegiatan dalam rangka meningkatkan literasi keuangan. Hal tersebut sejalan dengan POJK Nomor 76/POJK.07/2016 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan/atau Masyarakat.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) IFG Rizal Ariansyah menyampaikan perlu ada sebuah upaya yang inovatif dan berkelanjutan dalam penguatan literasi keuangan pada generasi muda khususnya mahasiswa. Mahasiswa dalam hal ini memiliki posisi dan peran yang sangat strategis dalam keberlanjutan penguatan literasi keuangan di Indonesia.

Melalui program Insurance Goes to Campus 2022, IFG Bersama IFG Life ingin mendorong penguatan lima peran strategis mahasiswa di tengah masyarakat di antaranya agent of change, iron stock, guardian of value, moral force, dan social control.

“Melalui Insurance Goes to Campus 2022 mahasiswa FMIPA UI dapat kesempatan untuk mengenali dan memahami apa itu asuransi, bagaimana proses bisnisnya dan apa saja produk-produk asuransi, dan mengetahui bagaimana meniti karier sebagai profesional di perusahaan keuangan khususnya asuransi,” ujar Rizal.

Selain itu, Rizal juga menjelaskan penguatan literasi keuangan di industri asuransi tidak hanya sebatas sosialisasi tentang asuransi tetapi juga bagaimana ke depannya program literasi ini dapat masuk ke dalam silabus pendidikan formal mengingat asuransi merupakan sektor penting dalam perekonomian bangsa sama halnya saat sosialisasi di perbankan.

Program Insurance Goes to Campus merupakan wujud komitmen IFG untuk memperkuat literasi keuangan khususnya asuransi bagi mahasiswa. IFG dan IFG Life melalui kegiatan ini juga memberikan ruang bagi generasi muda dalam mengembangkan hard skill berupa manajemen finansial yang berhubungan dengan dunia asuransi dan soft skills berupa effective communication, collaborative, cooperative yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama IFG Life Harjanto Tanuwidjaja menyampaikan Insurance Goes to Campus 2022 ini mengusung tema Share Your Dreams: Life After Graduates. "Dengan tema tersebut kami berharap para mahasiswa dapat memiliki gambaran umum mengenai industri asuransi. Tidak hanya sebatas manfaatnya bagi kehidupan, tapi juga gambaran umum berkarir di dunia asuransi,” ujarnya.

Harjanto menambahkan Insurance Goes to Campus 2022 menghadirkan pembicara yang membahas tentang membuat rancangan finansial terutama asuransi, menjadi penting dalam manajemen keuangan pribadi. Selain itu, para pembicara juga mengajak mahasiswa FMIPA UI untuk mendapatkan ide dan menyusun rencana career goals yang baik dan efektif.

“Melalui sharing session tersebut diharapkan para peserta program Insurance Goes to Campus 2022 dapat mengimplementasikan manajemen keuangan serta perencanaan karier agar lebih siap menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif,” kata Harjanto.

Insurance Goes to Campus 2022 ini diisi oleh pembicara-pembicara yang andal dalam perencanaan masa depan serta keuangan. Pembicara pertama adalah Jonathan End, seorang financial influencer yang kerap dijumpai membagikan insights perihal keuangan di media sosial.

Kegiatan ini juga menampilkan pembicara-pembicara dari alumni FMIPA UI yang saat ini menjadi Eksekutif di perusahaan seperti CEO PT Kebun Sayuran Pagi, Abdul Choliq dan CFP Yusman Dedy Kusuma, Kepala Divisi Strategi Perusahaan IFG. Selain itu, program ini juga diisi oleh Fikri Zulfikar, Head of Corporate Business Relationship IFG Life. Fikri merupakan alumni Universitas Indonesia.

Pelaksanaan acara Insurance Goes to Campus 2022 diikuti kurang lebih 200 peserta terdiri dari mahasiswa, dosen, dan rektorat. Rencananya ke depan akan dibuatkan program untuk memberikan informasi secara langsung yang lebih masif kepada kalangan mahasiswa yang notabene adalah para milenial yang telah memiliki kesadaran akan pentingnya berasuransi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile