Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

5 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Biawak Berukuran 1 Meter Dievakuasi dari Rumah Warga di Kota Bogor

Senin 03 Oct 2022 09:23 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nur Aini

Biawak ilustrasi. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor melakukan evakuasi seekor biawak berukuran satu meter di salah satu rumah warga yang ada di Jalan Sadewa Raya, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor pada Senin (3/10/2022).

Biawak ilustrasi. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor melakukan evakuasi seekor biawak berukuran satu meter di salah satu rumah warga yang ada di Jalan Sadewa Raya, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor pada Senin (3/10/2022).

Foto: abc
Biawak satu pekan di rumah warga karena pemilih rumah tak berani mengevakuasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor melakukan evakuasi seekor biawak berukuran satu meter di salah satu rumah warga yang ada di Jalan Sadewa Raya, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor pada Senin (3/10/2022). Biawak tersebut sudah berada satu pekan di rumah warga, lantaran sang pemilik rumah tidak berani mengevakuasi binatang tersebut.

 

Baca Juga

Kanit Rescue Kota Bogor, Nasrul, menuturkan setelah mendapatkan laporan dari warga, petugas langsung meluncur dan melakukan evakuasi biawak seberat 3 kilogram tersebut. Saat melakukan evakuasi, pihaknya tidak mengalami kesulitan lantaran tim sudah terbiasa dan ahli dalam mengevakuasi biawak seperti ini. 

"Kalau untuk kesulitan sih kebetulan tim kami udah terbiasa ya evakuasi biawak, dan alhamdulillah yang datang juga teman-teman yang sudah biasa dengan biawak," katanya, Senin (3/10/2022).

Meski begitu, Nasrul menyayangkan laporan yang diberikan warga yang baru dilakukan sepekan kemudian. Menurutnya, seharusnya ketika ada temuan warga bisa langsung melaporkan ke petugas agar bisa segera ditindaklanjuti. 

"Ya kalau imbauannya kepada masyarakat bila ada seperti ini langsung lapor ke kami, karena kami sudah siap menangani dan melayani masyarakat Kota Bogor," ucap dia. 

Nasrul menyebutkan, biawak trrsebut merupakan biawak jenis muara. Kebetulan, di rumah warga tersebut terdapat aliran air yang tersambung dengan kolam pemancingan yang ada di belakang rumahnya. Sehingga wajar jika ditemukan ada biawak yang masuk ke dalam rumah warga ini. 

 

"(Dari sungai) bisa jadi, karena biawak ini makanan resminya ikan, ya otomatis mungkin dia karena posisi di pemancingan banyak orang cari tempat ngumpet ya akhirnya naik ke atas plafon si ibu," ujarnya.

Sementara itu, sang pemilik rumah bernama Meri, mengaku takut dengan hewan reptil tersebut. “Sudah dari seminggu yang lalu. Iya dikerem aja di belakang nggak diapa-apain, iya takut karena gede,” ujarnya.

Ia menceritakan, biawak tersebut ditemukan ketika ia hendak memeriksa kondisi rumahnya yang sudah lama dibiarkan kosong. Di mana rumahnya sempat mengalami banjir saat dilanda hujan besar. 

Kemudian, saat melakukan bersih-bersih di kediamannya, dia kaget dengan kondisi atap yang bolong akibat kipas angin hisap terjatuh. Setelah itu, saat dilihat ternyata ada seekor biawak yang bersembunyi di bagian kolong kipas angin hisap tersebut. 

Akhirnya, meski dihantui rasa ketakutan, Meri berusaha mengusir hewan itu dengan cara menggiringnya ke bagian dapur paling belakang. Kemudian, menguncinya kurang lebih selama sepekan. 

"Kemarin minta tolong dulu (ke warga sekitar) ternyata nggak ada yang berani pada takut. Akhirnya saya laporan ke petugas Damkar tadi pagi. Alhamdulillah udah berhasil ditangani dan dibawa petugas," ujarnya. 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile