Selasa 04 Oct 2022 01:18 WIB

Sabun Cuci Piring Bisa Dimanfaatkan untuk Bersihkan Jok Mobil

Kotoran pada jok mobil bisa dibersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Christiyaningsih
Kotoran pada jok mobil bisa dibersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring. Ilustrasi.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Kotoran pada jok mobil bisa dibersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah mobil dipasarkan dengan jok yang menggunakan lapisan kain. Beberapa pengendara pun kemudian melakukan modifikasi dengan memberikan lapisan tambahan dari kulit agar jok lebih mudah untuk dibersihkan.

Namun bagi pengendara yang tetap menggunakan lapisan kain terdapat beberapa cara agar kotoran pada jok bisa dibersihkan dengan mudah. Dikutip dari website DFSK pada Senin (3/10/2022), disebut bahwa kotoran pada jok bisa dibersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring.

Baca Juga

Caranya adalah dengan memasukan sabun cuci piring dan air ke dalam botol. Kemudian, semprotkan cairan itu pada bagian jok yang kotor.

Setelah disemprotkan, bersihkan noda tersebut menggunakan sikat lembut. Pembersihan ini disarankan agar dilakukan dengan perlahan agar tak melukai kain pada jok.

Setelah noda terangkat, biasanya akan terdapat noda bekas sabun. Pengendara bisa menghilangkan noda itu dengan kain yang telah direndam air hangat. Setelah itu, jika ternyata masih terdapat noda pada bagian jok maka kemungkinan noda itu merupakan jamur. Biasanya, jamur merupakan noda bintik berwarna hitam atau putih.

Untuk membersihkanya, pengendara bisa menggunakan cairan yang terdiri dari sabun cuci piring dan pemutih pakaian. Kemudian, tuangkan cairan itu pada spons dan usapkan pada bagian jok yang berjamur.

Setelah noda menghilang, bersihkan bekas cairan itu dengan kain microfiber. Dengan beragam cara sederhana itu, maka pengendara bisa dengan mudah menjaga kebersihan dan tampilan kabin mobil.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement