Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

6 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Oman Pamerkan Alquran Tujuh Qiraat Abad ke-12 H di Riyadh

Selasa 04 Oct 2022 00:30 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko

 Alquran. (ilustrasi)

Alquran. (ilustrasi)

Foto: Abna
Salinan Alquran itu berasal dari abad ke-12 Hijriah.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH — Salinan Alquran dengan tujuh qira'at (berbagai cara membaca Alquran) dipajang di pameran buku internasional di Riyadh, Arab Saudi. Seperti dilansir Iqna.ir pada Selasa (4/10) salinan Alquran dengan tujuh qira'at itu ditampilkan di paviliun Oman oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pemuda Oman. Itu merupakan salah satu manuskrip Alquran yang langka yang ditampilkan Oman dalam pameran buku internasional di Riyadh Arab Saudi.

Salinan Alquran itu berasal dari abad ke-12 Hijriah. Kaligrafi oleh Abdullah bin Bashir al-Hadrami, itu mencakup semua ayat-ayat Alquran. Setiap bagian dimulai dari halaman kiri dan dibagi menjadi 8 lembar, atau 16 halaman. Salinan memiliki 240 halaman dengan setiap halaman berisi 15 baris.

Baca Juga

Notasi pada ketujuh bacaan tersebut terdapat pada catatan kaki. Hadrami dikatakan mahir dalam mengkoordinasikan halaman dan baris, karena setiap halaman dimulai dengan awal sebuah ayat dan diakhiri dengan akhir dari ayat itu atau lainnya. Juga huruf pertama di baris pertama sama dengan huruf pertama di baris terakhir halaman yang sama.

Koordinasi antara garis dan halaman serta keindahan kaligrafi adalah salah satu fitur utama dari naskah. Pameran Buku Internasional Riyadh 2022 diluncurkan di ibu kota Saudi pada 29 September. Sekitar 1.200 penerbit yang mewakili 32 negara ikut serta dalam pameran buku tersebut. Paviliun Oman di pameran buku telah menyajikan buku-buku tentang berbagai mata pelajaran seperti sejarah, sastra, Fiqh, bahasa Arab, filsafat dan kedokteran.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile