Selasa 04 Oct 2022 11:25 WIB

Mahfud: TGIPF Tragedi Kanjuruhan Bahas Tugas Malam Ini

Mahfud mengatakan, rapat akan membangun kesepahaman tentang tugas TGIPF.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ratna Puspita
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD (ketiga kiri)
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD (ketiga kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, akan melakukan rapat perdana pada Selasa (4/10/2022) malam. Pertemuan ini bakal membahas mengenai tugas tim tersebut.

Mahfud mengatakan, rapat akan digelar di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, pukul 19.00 WIB. "Acaranya membangun kesepahaman tentang tugas TGIPF, mengidentifikasi dan memetakan masalah, pembagian tugas dan penjadwalan kegiatan," kata Mahfud kepada wartawan di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga

Tim ini diketuai oleh Menko Polhukam. TGIPF akan bekerja mengusut tragedi Kanjuruhan dalam kurun waktu maksimal satu bulan. "Tim ini bekerja dalam waktu dua minggu sampai paling lama satu bulan. Hasil investigasi dari tim serta rekomendasinya disampaikan kepada Presiden (Joko Widodo)," kata Mahfud dalam konferensi pers secara daring, Senin (3/10/2022).

"Jadi output-nya ini disampaikan kepada Presiden untuk penilaian kebijakan keolahragaan nasional khususnya sepakbola secara menyeluruh. Kedua, mungkin saja dari hasil TGIPF ini ditemukan pelaku-pelaku tindak pidana selain yang telah ditangani oleh Polri secara pro justitia," tambahnya menjelaskan.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Zainudin Amali ditunjuk sebagai wakil ketua TGIPF. Lalu, mantan Jampidum sekaligus eks Deputi III Kemenko Polhukam, Nur Rochmad, menjadi sekretaris TGIPF.

Selain itu, TGIPF juga melibatkan berbagai pihak terkait sebagai anggota. Diantaranya, akademisi UI Rhenald Kasali; Rektor UNY Sumaryanto; Pengamat Olahraga/Koordinator Save Our Soccer Akmal Marhali; Jurnalis Olahraga-Harian Kompas Anton Sanjoyo; dan PSSI dengan Lisensi FIFA Nugroho Setiawan.

Kemudian, mantan Kepala BNPB Letjen TNI (Purn) Doni Monardo; Wakil Ketum 1 KONI Mayjen TNI (Purn) Suwarno; dan Mantan Wakapolda Kalimantan Barat Irjen Pol (Purn) Sri Handayani. Lalu, mantan Wakil Ketua KPK/Kemitraan Laode M Syarif serta mantan pemain Tim Nasional Sepak Bola Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلْيَوْمَ اُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبٰتُۗ وَطَعَامُ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ حِلٌّ لَّكُمْ ۖوَطَعَامُكُمْ حِلٌّ لَّهُمْ ۖوَالْمُحْصَنٰتُ مِنَ الْمُؤْمِنٰتِ وَالْمُحْصَنٰتُ مِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ مِنْ قَبْلِكُمْ اِذَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّ مُحْصِنِيْنَ غَيْرَ مُسَافِحِيْنَ وَلَا مُتَّخِذِيْٓ اَخْدَانٍۗ وَمَنْ يَّكْفُرْ بِالْاِيْمَانِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهٗ ۖوَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ ࣖ
Pada hari ini dihalalkan bagimu segala yang baik-baik. Makanan (sembelihan) Ahli Kitab itu halal bagimu, dan makananmu halal bagi mereka. Dan (dihalalkan bagimu menikahi) perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara perempuan-perempuan yang beriman dan perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu, apabila kamu membayar maskawin mereka untuk menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan bukan untuk menjadikan perempuan piaraan. Barangsiapa kafir setelah beriman, maka sungguh, sia-sia amal mereka, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi.

(QS. Al-Ma'idah ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement